Buka Sriwijaya Expo 2024, Pj Gubernur Sumsel Komitmen Kembalikan Kejayaan Bumi Sriwijaya

Buka Sriwijaya Expo 2024, Pj Gubernur Sumsel Komitmen Kembalikan Kejayaan Bumi Sriwijaya

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni membuka Sriwijaya Expo 2024 di halaman Kantor DPRD Sumsel, Palembang, pada Jumat 24 Mei 2024. Foto : DOK--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni berkomitmen akan mengembalikan kejayaan Bumi Sriwijaya.

Hal ini disampaikan Fatoni saat membuka Sriwijaya Expo 2024 di halaman Kantor DPRD Sumsel, Palembang, pada Jumat 24 Mei 2024.

Fatoni mengatakan, tahun 2024 akan dijadikan sebagai tahun kebangkitan Kerajaan Sriwijaya.

Ini dikarenakan, Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim terbesar sehingga sudah selayaknya Museum Sriwijaya diaktifkan kembali.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Ingatkan Pentingnya Peningkatan Kapasitas SDM, Ini Katanya

"Kita akan aktifkan kembali Museum Sriwijaya yang merupakan kebanggaan Sumatera Selatan (Sumsel) dan Indonesia," kata Fatoni.

"Juga akan mengumpulkan benda-benda bersejarah di seluruh dunia yang memiliki keterkaitan dengan Kerajaan Sriwijaya dan akan kita himpun menjadi satu," lanjut dia.

"Bahkan kita juga akan aktifkan kembali museum tekstil, dan membuat kain songket terpanjang di dunia yang rencananya panjangnya nanti 2 kilometer,” ucap Fatoni.

Kejayaan Bumi Sriwijaya ini juga telah dilakukan melalui beberapa kegiatan, seperti launching Kopi Sumsel pada 12 Mei 2024 lalu.

BACA JUGA:Pj Gubernur Beberkan Berbagai Keberhasilan Sumsel di Usia ke-78 Tahun

Kemudian pameran Kopi Sumsel di Korea Selatan (Sumsel).

Selain itu, Pemprov Sumsel juga berupaya memperbaharui produk kopi serta memberikan insentif pengembangan kopi sehingga menjadikan Kopi Sumsel sebagai tuan rumah di daerah sendiri.

"Bersama KADIN, kita sudah launching Kopi Sumsel dan dalam waktu dekat kita akan buat rekor MURI minum kopi terbanyak,” kata Fatoni.

Sriwijaya Expo 2024 merupakan expo terbesar tingkat provinsi se-Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: