Bincang Dekranas: UMKM Wajib Lihat Peluang Digitalisasi Usaha

Bincang Dekranas: UMKM Wajib Lihat Peluang Digitalisasi Usaha

Acara Bincang Dekranas 10 dalam rangka HUT Dekranas ke-44 Tahun bertempat di Pamedan Pura Mangkunegaran, Solo, pada Jumat 25 Mei 2024 petang. Foto : DOK--

BACA JUGA:TP PKK Bersama Dekranasda Provinsi Sumsel Ikut Semarakkan HUT ke-44 Tahun Dekranas di Kota Solo

"Karena teman kita pakai di sosial medianya, atau Raffi Ahmad pernah pakai, Nagita pernah pakai, dan sebagainya. Kecuali kalau jualannya komoditas seperti beras, minyak, tetapi kalau yang mau bikin brand harus punya sosial media,” imbuhnya.

Meski demikian, Edho menyebut bahwa pelaku UMKM wajib tahu segmen pasar dari medsos yang akan digunakan.

Edho mencontohkan, jika target marketnya adalah segmen menengah ke bawah, maka Tiktok lebih efektif.

Sedangkan, untuk target market menengah ke atas lebih efektif menggunakan Instagram.

BACA JUGA:Mobil Hias Rumah Tengkiang Meriahkan Kirab Budaya Memperingati HUT Dekranas ke-44 Tahun di Solo

Pelaku UMKM juga perlu membuat tagline jika ingin brandnya cepat dikenal.

Edho menyebut bahwa tagline paling efektif pada tahun 2024 adalah “problem solving” atau penyelesai masalah.

“Kalau dari sisi campaign dan komunikasi kita harus bikin tagline yang problem solving sekarang ini. Jadi memang trennya berubah," ulas dia.

"Jadi perlu membuat produk yang menyelesaikan masalah mereka. Masalahnya tidak perlu besar, cukup yang sederhana. Misalnya, Kopi yang Sesuai Kantong. Itu sudah bisa menjadi tagline,” jelasnya.

BACA JUGA:TP PKK Sumsel Ikuti Lomba Cerdas Cermat HKG PKK ke-52 Tahun di Solo

Sementara itu, Owner Aerostreet, Aditya Caesarico, diwakili oleh Social Media Manager Aerostreet, Septino Aditya Ramdhani mengatakan, bahwa kolaborasi dengan brand lain (collabs) bisa menjadi opsi brand baru cepat dikenal.

Aditya mengakui hal tersebut sering dilakukan Aerostreet, yakni berkolaborasi dengan brand lain ketika mengeluarkan produk baru.

Selain itu inovasi juga menjadi kunci. "Jadi, kuncinya adalah inovasi dan kolaborasi,” tutup Aditya.

Diketahui, bahwa rangkaian Acara Puncak HUT Dekranas ke-44 di Kota Solo, Jawa Tengah, telah berlangsung sejak tanggal 15 Mei 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: