Mobil Hias Rumah Tengkiang Meriahkan Kirab Budaya Memperingati HUT Dekranas ke-44 Tahun di Solo

Mobil Hias Rumah Tengkiang Meriahkan Kirab Budaya Memperingati HUT Dekranas ke-44 Tahun di Solo

Kendaraan hias bertema Rumah Tengkiang asal Kabupaten Muara Enim ikut memeriahkan kirab budaya dalam rangka memperingati HUT Dekranas ke-44 Tahun 2024 di Solo. Foto : DOK--

SOLO, ENIMEKSPRES.CO.ID - Kendaraan hias bertema Rumah Tengkiang asal Kabupaten Muara Enim ikut memeriahkan kirab budaya dalam rangka memperingati HUT Dekranas ke-44 Tahun 2024 di Solo, Jawa Tengah.

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Muara Enim turut juga mengangkat tema Kujur dan Ambung Kreasi khas Bumi Serasan Sekundang.

Dalam kegiatan ini, selain dihadiri Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo, hadir juga Ketua Umum Dekranas Hj. Wury Ma'ruf Amin beserta Ketua Dekranasda di seluruh Indonesia, termasuk Ketua Dekranasda Kabupaten Muara Enim Hj. Rose Mafiana dan Sekda Muara Enim Yulius.

Rombongan mengikuti pembukaan puncak perayaan sekaligus syukuran HUT Dekranas Tahun 2024 yang diselenggarakan di Hotel Alila Solo dengan mengusung tema 'Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa'.

BACA JUGA:TP PKK Bersama Dekranasda Provinsi Sumsel Ikut Semarakkan HUT ke-44 Tahun Dekranas di Kota Solo

Sekda Muara Enim, Yulius mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi Dekranasda Kabupaten Muara Enim yang telah menampilkan warisan budaya daerah khas Kabupaten Muara Enim di tingkat nasional.

"Semoga melalui kegiatan ini dapat mengangkat nilai jual dari produk UMKM daerah dan sekaligus sebagai ajang mempromosikan kerajinan tangan ke panggung nasional," kata Sekda.

Sementara itu, Ketua Umum Dekranas menyampaikan di usia Dekranas ke-44 diharapkan dapat semakin produktif dan perannya semakin besar untuk bangsa dan negara.

Dirinya mengemukakan keberadaan Dekranas dapat berperan dan membantu Pemerintah dalam meningkatkan ekonomi dan khususnya dari sektor kerajinan nasional yang merupakan warisan budaya Indonesia.

BACA JUGA:Pj Ketua TP PKK Tyas Fatoni Berkomitmen Turunkan Prevalensi Stunting di Sumsel

Dalam laporannya, Ketua Panitia HUT ke-44 Dekranas, Loemongga Agus Gumiwang, menyampaikan puncak perayaan HUT ke-44 Dekranas ini diramaikan oleh 278 stand UMKM.

Kemudahan ada juga kirab budaya, dan pawai mobil hias dari seluruh daerah di Indonesia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: