Pj Gubernur Agus Fatoni Launching Kopi Sumsel

Pj Gubernur Agus Fatoni Launching Kopi Sumsel

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni melaunching Kopi Sumsel di Sungai Sekanak Lambidaro, Palembang, pada Minggu 12 Mei 2024. Foto : DOK --

BACA JUGA:9 Manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan, Nomor 5 Ternyata Cocok Banget Bagi Kamu yang Sedang Diet

Pemprov Sumsel tentunya tak main-main dalam mendorong Kopi Sumsel semakin berkembang di masa mendatang.

Fatoni mengatakan, ke depan pihaknya akan menerbitkan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) dan Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur mengenai Kopi Sumsel.

"Kita akan terbitkan peraturan kepala daerah tentang Kopi Sumsel. Selanjutnya, diharapkan ada Perda tentang Kopi Sumsel, di mana kita akan dukung perkembangannya agar produksinya lebih baik lagi dan bisa menjadi komoditi andalan di Indonesia" ulas Fatoni.

Selain itu, guna mengenalkan Kopi Sumsel di mancanegara, pihaknya tengah gencar melakukan promosi dengan membuka stand pada pameran di Korea Selatan.

BACA JUGA:Kopi Semende Cap Bukit Asam, dari Produksi 10 Kg ke 200 Kg hingga Menasional hanya Dalam 3 Tahun

Hal ini bertujuan agar masyarakat Korea Selatan dapat menikmati cita rasa asli Kopi Sumsel.

"Kopi Sumsel ini sangat kaya dan di Korea Selatan saat ini ada pameran kopi kita, Kopi Sumsel ikut dalam pameran itu dan di sana sangat diminati," beber dia.

"Alhamdulillah, mereka yang ada di sana menyukai dan satu hari itu bisa 1.000 gelas di Asia menjadi pasar kita," imbuhnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas dan popularitas Kopi Sumsel di kalangan pecinta kopi, pihaknya akan mendatangkan para ahli kopi dari berbagai daerah untuk datang ke Sumsel guna memberikan bimbingan dan arahan terkait produksi kopi.

BACA JUGA:Selimut dan Kopi, Misteri Dinginnya Semende Raya Dataran Tinggi di Sumatera Selatan

"Dari sisi kualitas juga akan kita tingkatkan dan Pemprov Sumsel akan mendukung dan memantau ini mulai dari pemberian bibit dan pupuk yang cukup, kita akan kawal bimbing, kita arahkan dan kita juga akan datangkan para ahli ke Sumsel agar kopi kita bisa dikenal," ucap Fatoni.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sumsel, Affandi Udji menyebut launching Kopi Sumsel ini sebagai bentuk dukungan bagi para pengusaha kopi di wilayah Sumsel.

Sebagaimana diketahui, Kopi Sumsel dapat terwujud berkat bantuan banyak pihak, di antaranya oleh KADIN Sumsel, Bank Sumsel Babel, Bank Mandiri, dan lainnya.

BACA JUGA:Rahasia di Balik Cita Rasa Unik Kopi Semendo Muara Enim: Warisan, Budidaya, dan Peluang Ekonomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: