Pj Gubernur Agus Fatoni Launching Kopi Sumsel

Pj Gubernur Agus Fatoni Launching Kopi Sumsel

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni melaunching Kopi Sumsel di Sungai Sekanak Lambidaro, Palembang, pada Minggu 12 Mei 2024. Foto : DOK --

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Launching Kopi Sumsel

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni secara resmi melaunching Kopi Sumsel.

Launching ditandai dengan meminum kopi bersama serta pelepasan balon ke udara di Sungai Sekanak Lambidaro, Palembang, pada Minggu 12 Mei 2024.

"Sumsel kaya dengan banyak sumber daya alam (SDA), dan salah satunya Sumsel memiliki komoditi andalan, yakni kopi yang menjadikan kita sebagai daerah penghasil terbesar di Indonesia," kata Fatoni.

"Sengaja hari ini kita luncurkan brand Kopi Sumsel yang menjadi rangkaian HUT Sumsel," lanjut Fatoni.

BACA JUGA:Kopi Sumsel Segera Launching, Pemprov Gandeng KADIN

Berdasarkan databoks tahun 2022, Provinsi Sumsel dinobatkan sebagai daerah penghasil kopi terbesar se-Indonesia dan tercatat memproduksi kopi mencapai 212,4 ribu ton atau 26,72% dari total produksi kopi nasional.

Karena itu, Fatoni mengajak berbagai pihak untuk mendukung langkah Pemerintah Daerah yang telah melaunching brand Kopi Sumsel sehingga lebih dikenal masyarakat luas.

“Kita ingin Sumsel menjadi tuan rumah untuk Kopi Sumsel itu sendiri. Kita ingin Kopi Sumsel ini dicintai, dinikmati oleh para pecinta kopi dari penjuru daerah di Indonesia maupun mancanegara,” harap Fatoni.

Diketahui, Provinsi Sumsel merupakan salah satu sentra produksi kopi nasional dengan area seluas 250.305 hektare pada tahun 2020.

BACA JUGA:Wow, Ternyata Kopi Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja? Yuk, Simak Informasinya

Perkebunan kopi di Sumsel tersebar di Kabupaten OKU Selatan, Empat Lawang, Muara Enim, Lahat, Kota Pagaralam, dan sejumlah kabupaten lainnya di wilayah Sumsel.

"Potensi yang besar ini harus kita manfaatkan dan dikembangkan dengan baik, tentu untuk ini kita tidak bisa berbuat sendiri," sebut orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini.

"Kita perlu semua pihak ikut andil dan terlibat membuat kopi asal Sumsel ini dengan kualitas yang baik sehingga dicintai oleh masyarakat hingga dunia," sambungnya.

"Kita bangga Sumsel bisa menjadi penghasil kopi terbesar dan dengan kualitas yang sangat baik," ucap Fatoni lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: