Kenali, Ini 5 Tradisi Sambut Lebaran Yang Unik di Indonesia

Kenali, Ini 5 Tradisi Sambut Lebaran Yang Unik di Indonesia

Ilustrasi Tradisi Unik di Indonesia Sambut Lebaran. FOTO : IST--

ENIMEKSPRES.CO.ID – Berikut ini ulasan menarik yang menyajikan 5 tradisi lebaran yang unik, dan bermakna menyambut lebaran di Indonesia.

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bula Ramadhan, umat islam akan merayakan kemenangannya dengan penuh suka cita.

Hal itu sama ketika umat islam menyambut bulan Ramadhan dengan penuh kebahagiaan. 

Tradisi menyambut Idul fitri disetiap daerah itu memiliki kebiasaan masing-masing sebagai wujud rasa syukur, dan harapannya bisa bertemu puasa dan lebarab tahun depan.

BACA JUGA:Berbagi Kebahagian Jelang Lebaran, Pj Gubernur Sumsel Santuni Ribuan Anak Yatim Piatu

Bagi masyarakat yang berada di perantauan, tradisi mudik lebaran juga sudah menjadi rutinitas setiap tahun menjelang idul fitri. 

Mudik atau pulang kampung itu sebagai wujud anak berbhakti kepada orang tuanya, dan biasanya pada saat lebaran melakukan tradisi sungkem untuk meminta maaf sekaligus memohon doa restu agar mendapat kebahagiaan, dan keselamatan lahir dan batin.

Tahukan kamu, pembaca setia enimekspres, bahwa ternyata tradisi lebaran di Indonesia itu unik-unik lho, dilakukan masyarakat di daerah-daerah. 

Sehingga saking uniknya itu, tradisi yang dilaksanakan menjadi destinasi wisata yang disukai hingga turis dari luar negeri. 

BACA JUGA:Lebaran Sebentar Lagi, Ini 3 Resep Rendang untuk Hidangan Lebaran yang Lezat dan Nikmat

Berikut ini ada 5 tradisi yang terkenal unik di Indonesia yang disadur dari laman kementrian Pariwisata dan ekonomi kreatif RI. 

1. Grebeg Syawal (D.I. Yogyakarta)

Membahas tradisi menyambut Lebaran, Grebeg Syawal menjadi salah satu ritual rutin digelar setiap tahunnya. 

Tradisi yang berasal dari Keraton Yogyakarta ini dilakukan setiap 1 Syawal, atau tepat pada Hari Raya Idulfitri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: