Muslim Wajib Tahu, Ini 3 Syarat Orang yang Wajib Membayar Zakat Fitrah

Muslim Wajib Tahu, Ini 3 Syarat Orang yang Wajib Membayar Zakat Fitrah

Ilustrasi Syarat Orang yang Wajib Membayar Zakat Fitrah. FOTO : IST--

ENIMEKSPRES.CO.ID – Pada bulan Ramadhan, selain wajib berpuasa kita juga diwajibkan untuk membayar zakat.

Sebenarnya kenapa kita harus wajib membayar zakat fitrah?

Pasti diri kita bertanya-tanya kenapa kita harus membayar zakat firah pada bulan ramadhan sebelum idul fitri

Ternyata tujuan kita diwajibkan untuk bayar zakat fitrah supaya dapat mensucikan jiwa serta memberi makan orang miskin, agar mereka juga bisa merayakan lebaran seperti kita.

BACA JUGA:Ini 8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat

zakat fitrah dikeluarkan tidak harus menunggu kita kaya dahulu, karena zakat fitrah beda dengan zakat mal yang ada syarat untuk dikeluarkan.

Setiap umat islam yang masih dikasih umur berjumpa dengan bulan ramadhan dan awal syawal sangat diwajibkan membayar zakat fitrah, dan cara pembayaran zakat fitrahpun bisa berupa uang dan bisa juga berupa beras.

Kapan waktu pelaksanaan pembayaran zakat fitrah tersebut? Waktu pembayaran zakat fitrah ini sejak awal ramadhan sampai sebelum dilaksanakannya shalat idul fitri.

Zakat fitrah ini ditanggung oleh kepala keluarga seperti halnya dia yang menjadi tanggung jawab atas nafkah istri dan anaknya.

BACA JUGA:Definisi Zakat Dan Juga 8 Golongan Yang Berhak Menerima Zakat, Siapakah Saja Mereka?

Dan juga umat islam jangan bingung bagaimana cara menghitung zakat fitrah dan besaran zakat fitrah.

Karena zakat fitrah ini hanya 1 kali dalam setahun, bagi umat muslim yang memenuhi syarat wajib dengan membayar zakat fitrah ini 1 kepala itu sebesar 1 sha atau setara dengan 3,5 liter atau 2,5 kg makanan pokok makanan pokok yang biasa dikonsumsi.

Ternyata dalam pembayaran zakat fitrah juga ada syarat tertentu, karena tidak semua orang boleh untuk membayar zakat fitrah ini.

Walaupun tujuan membayar fitrah ini membersihkan diri dari perbuatan dosa yang telah dilakukan pada bulan puasa serta dapat memberikan makanan untuk para fakir miskin makan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: