Apakah Benar Umat Islam Disunahkan Membunuh Cicak? Lalu, Apa Hikmah Membunuh Cicak?

Apakah Benar Umat Islam Disunahkan Membunuh Cicak? Lalu, Apa Hikmah Membunuh Cicak?

Ilustrasi sunnah untuk membunuh cicak bagi umat muslim. FOTO : IST--

ENIMEKSPRES.CO.IDCicak termasuk hewan yang melata yang merayap di dinding, di dalam islam cicak adalah hewan yang dianjurkan untuk diperangi dan juga dibunuh.

Ini tercantum di dalam hadist riwayat Muslim, dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : 

مَنْ قَتَلَ وَزَغًا فِى أَوَّلِ ضَرْبَةٍ كُتِبَتْ لَهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ وَفِى الثَّانِيَةِ دُونَ ذَلِكَ وَفِى الثَّالِثَةِ دُونَ ذَلِكَ 

“Barang siapa yang membunuh cicak sekali pukul, maka dituliskan baginya pahala seratus kebaikan, dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Dan barang siapa memukulnya lagi, maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua.” (HR. Muslim).

Sehingga banyak sekali orang terutama umat islam yang membunuh cicak kareta terdapat pahala yang banyak jika melakukan sekali pukul.

BACA JUGA:Banyak Cicak di Rumah, Begini Cara Mengusirnya, Bahan yang Digunakan Juga Mudah Didapat, Yuk Dicoba!

Jika sesuatu yang sudah disunnahkan, biasanya pasti ada manfaat didalamnya serta hikmah yang bisa kita ambil atas kejadian hadist tersebut.

Dikutip oleh enimekspres.co.id dari beberapa sumber, hikmah serta alasan kenapa kita disunnahkan membunuh cicak, antara lain :

1. Kotoran cicak serta bangkainya itu najis sehingga membatalkan wudhu dan shalat

Pendapat jumhur ulama yang mengatakan jika kotoran cicak dan juga bangkai cicak termasuk najis, sehingga kita wajib menghindarinya dan juga membersihkannnya jika mengenai badan, pakaian ataupun tempat-tempat yang dipakai untuk beribadah kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Ini 6 Tips Mengusir Tikus di Lemari Dapur, Basmi Tuntas Hingga Tempat Persembunyian

2. Cicak adalah musuh Nabi Ibrahim

Kita sudah mengetahui bagaimana sikap cicak saat nabi Ibrahim di bakar hidup-hidup oleh beberapa kelompok orang kafir quraisy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: