SERU! Tak Ada Satu pun Partai Bisa Usung Sendiri Paslon Cabub-Cawabub Muara Enim di Pilkada 2024

SERU! Tak Ada Satu pun Partai Bisa Usung Sendiri Paslon Cabub-Cawabub Muara Enim di Pilkada 2024

Pilkada 2024 di Muara Enim diperkirakan akan seru karena tak ada satu pun partai bisa usung sendiri Cabub-Cawabub. Foto: ist--

ENIMEKSPRES.CO.ID – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 di Muara Enim diperkirakan akan berlangsung seru. 

Sebab, berdasarkan hasil rekapitulasi surat suara Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Muara Enim No 811 tahun 2024, tak ada satu pun partai yang bisa usung sendiri pasangan bakal calon (paslon) bakal calon bupati (cabub) dan calon wakil bupati (cawabub) periode 2024-2029. 

Serunya karena setiap partai akan direpotkan untuk mencari pasangan koalisi agar bisa mengusung paslon cabub dan cawabub

Kenapa? Karena tidak ada partai yang meraih 9 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muara Enim sebagai syarat mengajukan bakal calon.

BACA JUGA:Tak Penuhi 9 Kursi DPRD, Parpol di Muara Enim Harus Koalisi Usung Paslon Bupati-Wakil Bupati 

Termasuk Partai Gerindra, meskipun keluar sebagai pemenang dengan meraih suara terbanyak di Pemilu 2024 lalu, tetap saja tidak bisa mengusung sendiri paslon cabub dan cawabub. 

Karena Partai Gerindra sendiri hanya mampu menempatkan 7 wakilnya saja di dewan. 

Sedangkan untuk bisa memajukan calon sendiri tanpa koalisi harus minimal 9 kursi. 

Kondisi kemenangan Partai Gerindra kali ini, sama juga ketika Pemilu 2019 lalu yang dimenangkan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

BACA JUGA:PKS Mantap Usung Kader Internal, Nama Firdaus Makin Menguat di Pilkada Muara Enim 2024

Saat itu, atau 5 tahun lalu, PDIP harus mencari teman koalisi agar bisa mengajukan paslon cawabub karena perolehan kursi PDIP di dewan saat ini sama dengan perolehan kursi Partai Gerindra saat ini yaitu hanya 7 kursi.   

Prediksi Pilkada 2024 dalam proses pemilihan bupati dan wakil bupati di Muara Enim bakal seru karena hingga saat ini sudah ada beberapa partai yang sudah menyatakan akan mencalonkan kader sendiri. 

Misalnya saja, Partai Golongan Karya (Golkar) melalui surat dari DPP No Sund-308/GOLKAR/2023 tertanggal 16 Nopember 2023 telah merekomendasikan nama Ersangkut dan nama Hadiono untuk merebut kursi ME 1. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: