PT Bukit Asam Ciptakan Lapangan Kerja Baru Bagi Eks Pekerja Tambang Batu Bara Ilegal di Muara Enim

PT Bukit Asam Ciptakan Lapangan Kerja Baru Bagi Eks Pekerja Tambang Batu Bara Ilegal di Muara Enim

PT Bukit Asam buka lapangan kerja baru bagi eks pekerja tambang batu bara ilegal melalui pemberdayaan masyarakat di sektor perikanan. Foto : DOK--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - PT Bukit Asam menciptakan lapangan kerja baru bagi para eks (mantan) pekerja tambang batu bara ilegal di Muara Enim, Sumsel.

Itu merupakan program pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah tambang batu bara ilegal atau Pertambangan Tanpa Izin (PETI).

Di mana pada tahun 2022 lalu, PT Bukit Asam (PTBA) berhasil membuka lapangan kerja untuk 155 orang eks pekerja tambang batu bara ilegal atau PETI.

Mereka diberdayakan pada sektor usaha formal non pertambangan. 

BACA JUGA:Bukan Hanya Mantan Bos PT Bukit Asam, 2 Orang Ini Juga Ditetapkan Tersangka Oleh Kejati Sumsel

Kemudian PT Bukit Asam juga bekerjasama dengan Karang Taruna Desa Tanjung Agung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, telah melakukan pemetaan kondisi sosial, ekonomi, dan lingkungan.

Hal tersebut untuk mendorong transformasi pekerja tambang batu bara ilegal atau PETI ke sektor usaha formal.

Adapun hasil dari kegiatan tersebut diketahui bahwa di wilayah Tanjung Agung memiliki potensi pada bidang perikanan dengan sumber daya alam yang mendukung.

Lalu menindaklanjuti hasil survei ini, PT Bukit Asam memfasilitasi pelatihan budidaya ikan air tawar yang diikuti para pemuda Desa Tanjung Agung.

BACA JUGA:Kurangi Emisi, PT Bukit Asam Operasikan Hybrid Dump Truk hingga Bus Listrik

Selanjutnya peserta pelatihan turut pula diberikan bekal bibit ikan dan pakan ikan.

Di sisi lain turut pula digelar pelatihan tata boga yang diikuti oleh ibu-ibu rumah tangga terdampak PETI untuk melakukan olahan produk hasil perikanan.

Di samping itu, dilakukan pembangunan kolam ikan tahap 1 sebanyak 5 kolam di Desa Tanjung Agung.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan para pemuda yang pernah menjadi pekerja PETI," jelas VP Sustainability PT Bukit Asam, Hartono dalam rilis yang diterima enimekspres.co.id, Kamis 2 November 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: