Kurangi Emisi, PT Bukit Asam Operasikan Hybrid Dump Truk hingga Bus Listrik

Kurangi Emisi, PT Bukit Asam Operasikan Hybrid Dump Truk hingga Bus Listrik

Bus listrik PT Bukit Asam (PTBA). Foto : Istimewa --

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - PT Bukit Asam Tbk berupaya mengurangi emisi dengan mengoperasikan hybrid Dump Truk hingga Bus Listrik.

PT Bukit Asam yang merupakan anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID, menerapkan praktik pertambangan yang baik (Good Mining Practice) dengan program-program dekarbonisasi.

Salah satu langkah yang dilakukan PT Bukit Asam adalah Eco Mechanized Mining, yakni mengganti peralatan pertambangan yang menggunakan bahan bakar fosil menjadi elektrik.

Saat ini PT Bukit Asam telah mengoperasikan 7 unit Shovel Listrik (PC3000-6E), 40 unit Hybrid Dump Truck (Belaz-75135), dan 6 Pompa Tambang berbasis listrik.

BACA JUGA:Bungkus Bro! Sepeda Listrik Pacific Nimbuzz Cocok untuk Remaja dan Dewasa, Kecepatan Maksimumnya 45 Km/Jam

Penggunaan alat-alat tambang berbasis listrik ini menghasilkan penghematan bahan bakar minyak (BBM) jenis diesel hingga 7 juta liter per tahun dan mereduksi emisi sebesar 19.777 tCO2e.

"PT Bukit Asam berupaya menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan sehingga dapat berkontribusi optimal bagi masyarakat," kata Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Arsal Ismail, Kamis 24 Agustus 2023.

"Sejalan dengan visi menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan, sekaligus upaya mendukung Pemerintah mencapai target Net Zero Emission pada 2060 atau sebelumnya," lanjut Arsal.

Selain itu, PT Bukit Asam telah mengoperasikan 5 unit bus listrik di Pelabuhan Tarahan dan 10 unit bus listrik di Unit Pertambangan Tanjung Enim.

BACA JUGA:Ingin Mendapatkan Subsidi Motor Listrik Smoot? Gampang Baget! Begini Caranya

Total telah ada 15 unit bus listrik yang dioperasikan PT Bukit Asam.

Pengurangan emisi karbon diestimasikan mencapai 16 ton CO2/tahun/bus.

Selain itu, penggunaan bus listrik mengurangi pemakaian bahan bakar minyak (BBM) hingga 9.672 liter/tahun/bus.

Tak hanya penggunaan kendaraan dan alat tambang berbasis listrik, PT Bukit Asam pun terus menjalankan sejumlah program untuk mengurangi emisi karbon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: