Tol Terindah di JTTS Simpang Indralaya-Prabumulih, Dibuka Permanen 30 Agustus 2023, Dimana Gerbang Tolnya?

Tol Terindah di JTTS Simpang Indralaya-Prabumulih, Dibuka Permanen 30 Agustus 2023, Dimana Gerbang Tolnya?

Jalan tol simpang Indralaya-Prabumulih dibuka mulai 30 Agustus 2023. Foto : Kolase/Dok--

ENIMEKSPRES.CO.ID - Tol Terindah di Trans Sumatera Simpang Indralaya-Prabumulih, Dibuka Permanen Mulai 30 Agustus 2023.

Akhirnya, setelah lebih dari 2 bulan usai uji layak fungsi (ULF), Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Simpang Indralaya-Prabumulih mulai dibuka untuk umum secara permanen mulai besok, Rabu 30 Agustus 2023.

ULF sendiri sudah dilakukan pada 19-20 Juni 2023 lalu hingga akhirnya kini mengantongi izin operasional dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No 872/KPTS/M/2023.

Keberadaan tol penyangga ini memang sudah lama dinantikan masyarakat, khususnya masyarakat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) wilayah barat.

BACA JUGA:Jalan Tol Kramasan-Betung Selesai Agustus 2023, Tol Prabumulih-Muara Enim Baru 19 Persen Pembebasan Lahan

Jarak tempuh dari Kabupaten Muara Enim ke Palembang dari 180 kilometer bisa terpangkas hingga 64 kilometer.

Begitu juga dari Prabumulih ke Palembang atau sebaliknya, jika melalui jalan raya umum membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam, maka melalui jalan tol Simpang-Indralaya hanya butuh waktu 1 jam saja.

Selain soal pemangkasan jarak tempuh, satu hal yang menarik dari keberadaan tol ini adalah karena termasuk tol terindah di sepanjang tol Trans Sumatera.

Terindah karena lebih dari setengah perjalanan dari total panjang 64 Km jalan tol menyajikan panorama alam yang sangat indah.

BACA JUGA:Bukan Muara Enim Apalagi PALI, Ini Kota Paling Strategis di Sumsel Karena Terhubung dengan 3 Jalan Tol

Panorama indah itu sudah mulai terlihat indah dengan bentangan perkebunan tebu dan danau-danau objek wisata di wilayah Kabupaten Ogan Ilir mulai dari Km 30 hingga ke gerbang Tol Palembang.

Sejauh mata memandang, pengendara bisa menikmati sajian keindahan alam, termasuk salah satu objek wisata alam andalan di Kabupaten Ogan Ilir, Indralaya adalah Danau Kupu-kupu yang tidak pernah sepi pengunjung.

Sebelumnya, jalan tol yang juga dikenal dengan lebih dari setengahnya berada di atas lahan gambut ini sudah sempat dibuka terbatas untuk kelancaran arus mudik-arus balik Lebaran 2023 lalu.

Nah, bagi yang belum tahu dimana lokasi gerbang tol dan bagaimana cara aksesnya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: