Info Terbaru, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Siap Dilintasi dan Segera Beroperasi

Info Terbaru, Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Siap Dilintasi dan Segera Beroperasi

Ruas jalan tol simpang Indralaya_Prabumulih yang sudah selesai dibangun oleh PT HKI.(foto ist/hutamakarya)--

ENIMEKSPRES.CO.ID----Pembangunan jalan tol simpang Indralaya-Prabumulih sepanjang 64,5 Km, yang dibangun PT Hutama Karya Infrastruktur sudah rampung 100 persen alias sudah selesai dibangun.

Jalan tol Indralaya-Prabumulih ini sudah siap dilintasi kendaraan dan segera akan dioperasikan.

Jalan tol Indralaya-Prabumulih akan segera dibuka untuk umum dan hanya tinggal menunggu peresmian dari Presiden Jokowi.

Terkait rencana pengoperasian jalan tol Simpang Indralaya-Prabumulih. Berdasarkan keterangan resmi sebagaimana dikutip enimekspres.co,id dari laman resmi website PT Hutama Karya, Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menerangkan bahwa Pembangunan jalan tol Simpang Indralaya-Prabumulih yang dimulai sejak 2019 sudah selesai dibangun 100 persen.

BACA JUGA:Selamat, 32 Paskibraka PALI Resmi Dikukuhkan Oleh Bupati Heri Amalindo, Berikut Nama-namanya

“Jalan tol Indralaya-Prabumulih sudah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) dan sertikat Laik Operasi (SLO) sudah keluar sejak Juli lalu dari Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU PR,” terang Tjahjo Purnomo.

Adapun keputusan Menteri PU PR tersebut tertuang dalam surat  Nomor 872/KPTS/M/2023 pada akhir Juli lalu. “Maka jika sudah keluar SLO, tentunya jalan tol Indralaya-Prabumulih sudah bisa dioperasikan dalam waktu dekat,” tambah Tjahjo Purnomo.

Sebelumnya, jalan tol Simpang Indralaya-Prabumulih ini sudah dibuka fungsional saat liburan lebaran Idul Fitri lalu. Walau hanya dibuka selama dua pekan, sudah puluhan ribu kendaraan yang melintas di ruas tol ini.

Jalan tol Indralaya-Prabumulih ini dirancang dengan kecepatan kendaraan yakni 100 km/jam. Dengan jarak 64,5 km, maka dari exit Prabumulih hingga ke exit tol Palembang bisa ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 40 menit.

BACA JUGA:Jaga Kekompakan, Paguyuban SDN 20 Muara Enim Ikut Lomba Gerak Jalan Indah Meriahkan HUT RI 17 Agustus

Keberadaan jalan tol Indralaya-Prabumulih ini tentu bisa mengurangi kemacetan yang sering terjadi di perlintasan rel KA di Desa Sigam, Kecamatan Gelumbang, Muara Enim.

Selain itu, perjalanan dari Kota Prabumulih ke Palembang jika melalui jalan nasional bisa mencapai 2-3 jam.

Dengan adanya jalan tol Indralaya-Prabumulih, jika dari Kota Prabumulih ke Palembang bisa ditempuh dengan waktu satu jam.

Jalan tol Indralaya-Prabumulih ini melintasi tiga wilayah yakni Kabupaten Ogan Ilir, Kabupaten Muara Enim dan Kota Prabumulih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: