10 Provinsi di Pulau Sumatera, Punya Icon Cantik Jadi Tempat Destinasi Wisata

10 Provinsi di Pulau Sumatera, Punya Icon Cantik Jadi Tempat Destinasi Wisata

--

ENIMEKSPRES.CO.ID,---Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau besar yang ada di Indonesia. Di pulau Sumatera, terdapat 10 Provinsi dengan memiliki ciri khas, atau icon masing-masing.

Di mana icon di masing-masing provinsi di pulau Sumatera tersebut, menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

1. Provinsi Nangro Aceh Darussalam

Provinsi yang letaknya diujung Barat ini, setidaknya memiliki dua icon yang bisa menjadi daya tarik orang untuk berkunjung ke Aceh yakni Titil Nol Kilometer dan Meseum Tsunami.BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Canangkan Gerakan Gemar Makan Telur, Upaya Cegah Stunting

Provinsi Aceh memiliki dua titik nol kilometer. 

Pertama, titik nol kilometer yang berada di perbatasan gampong jawa dan Gampong Pande, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh. Lokasinya berada diujung daratan pulau Sumatera.

Kedua, titik nol kilometer yang ada di Kota Sabang dan sudah sangat terkenal di Indonesia. Bahkan ada lagunya dari Sabang sampai Mereuke, yang menjadi titik nol wilayah Indonesia diujung Barat.

Titik nol kilometer ini berada di Desa Iboih, atau sekitar 29 km dari Kota Sabang.

BACA JUGA:Wih Cantiknya Pink Pula, Sepeda Listrik Voxa Liberty Original SNI, Cuma Rp 3 Jutaan

Icon lain dari Provinsi Aceh adalah museum tsunami. Museum Stunami ini terletak di pusat Kota Banda Aceh. Tepatnya tidak jauh dari Masjid Baiturrahman.

Museum itu dibangun untuk mengenang gempa dahsyat yang menewaskan puluhan ribu orang yakni pada gempa Stunami tepat pada 26 Desember 2004.

Museum Stunami Aceh berdiri pada 2008 dan dirancang oleh seorang arsitek Indonesia yakni Ridwan Kamil mantan Walikota Bandung dan  Gubernur Jawa Barat 2018-2023.

2. Provinsi Sumatera Utara (Sumut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: