Bantuan Jamban Sehat untuk Desa Sekitar PT TeL

Bantuan Jamban Sehat untuk Desa Sekitar PT TeL

PT TeL bantu bangun jamban sehat untuk masyarakat desa sekitar perusahaan. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Jamban sehat merupakan fasilitas sanitasi keluarga yang wajib dimiliki oleh semua rumah tangga.

Namun data menunjukkan bahwa masih banyak masyarakat di Indonesia yang tidak memiliki jamban sehat.

Pendapatan masyarakat yang rendah mengakibatkan masyarakat lebih mengutamakan pemenuhan kebutuhan dasar, sehingga belum bisa membangun jamban keluarga meskipun mereka memahami pentingnya jamban keluarga.

Selain itu, bagi masyakarat yang tinggal di dekat sungai, masih terbiasa buang air di sungai dalam keseharian mereka.

BACA JUGA:PT TeL Membuka Program Beasiswa Berprestasi Bagi Masyarakat Sekitar

Sanitasi yang buruk tentunya akan berdampak negatif di banyak aspek kehidupan, meliputi turunnya kualitas lingkungan hidup, tercemarnya sumber air minum bagi masyarakat, meningkatnya kejadian diare dan munculnya beberapa penyakit, salah satunya stunting pada anak-anak.

Ada beberapa kasus stunting yang ditemukan di desa-desa sekitar wilayah PT TeL.

Berdasarkan data Puskesmas Teluk Lubuk dan Tebat Agung, ada lebih dari 200 kepala keluarga di Desa Banuayu, Kuripan Selatan, Baturaja, Dalam, dan Bulang yang hingga kini masih belum mempunyai fasilitas jamban sehat di rumah mereka.

Untuk itu, PT TeL melalui salah satu pilar CSR yaitu Pengembangan Masyarakat di bidang Kesehatan, bekerjasama dengan Puskesmas Tebat Agung, Puskesmas Teluk Lubuk dan Dinas Kesehatan Muara Enim, membangun 80 jamban sehat di desa-desa tersebut guna membantu menanggulangi kasus stunting.

BACA JUGA:Bantuan PT TeL Memperbaiki Jalan Longsor Siku Telah Selesai Dilaksanakan

Kerja sama dengan Puskesmas dan perangkat desa setempat ini meliputi pemetaan penerima manfaat (verifikasi lapangan untuk penerima manfaat, penentuan lokasi pembangunan jamban, dan lain-lain).

Pembangunan jamban sehat ini dimulai sejak 24 Mei 2023 sampai dengan 23 Juni 2023.

Dan pada 13 Juli 2023, acara simbolis distribusi jamban sehat ini dilakukan di kantor Kepala Desa Banuayu yang dihadiri oleh perangkat desa perwakilan masing-masing desa dan perwakilan dari PT TeL dihadiri oleh Shingo Nishiyama, R.A.Najamudin, Ahmad Faisol, Siswanto, serta tim dari CSR TeL.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: