Hidup Ini Pilihan, 4 Golongan Manusia Menurut Imam Al Ghazali. Kamu Golongan Mana?

Hidup Ini Pilihan, 4 Golongan Manusia Menurut Imam Al Ghazali. Kamu Golongan Mana?

--

BACA JUGA:Tingkatkan Kualitas Udara dan Jaga Lingkungan, PT SBS Tanam 200 Pohon

Menjalankan salat lima waktu, menabung untuk pergi haji, rutin berpuasa, suka menolong orang lain. Nanti orang seperti ini, hidupnya di dunia biasa-biasa saja, tapi ia akan mendapatkan kebagian diakhirat.

Ketiga, golongan orang yang Saidun Fiddunya Wasaidun Fil Akhiroh (orang yang akan merasakan kebagian di dunia dan kebagiaan diakhirat). Golongan ketiga ini adalah orang yang beruntung. Di mana hidupnya di dunia diliputi dengan kesenangan.

Memiliki rumah yang besar, usaha yang banyak, isteri dan anak yang sholeh-sholehah, kendaraan mewah dan lain sebagainya.

Tapi kekayaan ia miliki tidak menjadikan dirinya kufur nikmat. Dia tetap beribadah kepada Allah SWT sebagai tanda syukurnya sebagai seorang hamba.

BACA JUGA:Berada di Kabupaten Muba, Jadi Perbatasan Sumsel. Warga di Kecamatan ini Banyak Beraktifitas ke Provinsi Lain.

Melaksanakan salat lima waktu, berpuasa, menunaikan zakat mal, naik haji, suka membantu sesama dan lain sebagainya. Maka golongan ini akan menjadi hamba yang bahagia di dunia dan bahagia diakhirat.

Keempat, adalah golongan yang celaka. Yaitu golongan yang Saqiyun Fiddunya Wasa Qiyun Filakhiroh (Sengsara di dunia dan sengsara diakhirat).

Golongan keempat ini adalah orang yang merugi, hidupnya di dunia tidak memiliki manfaat baik untuk dirinya maupun orang lain.

Hidupnya di dunia penuh dengan kemiskinan dan tidak memiliki harta. Hidupnya terluntang-lantung di jalan, tidur di bawah kolong, sehari-hari makanpun susah.

Hidupnya selalu menyusahkan orang lain. Dengan keperbatasan yang dimiliki, orang seperti melupakan Allah SWT dalam kehidupannya. Berbuat maksiat, merugikan orang lain dan tidak membawa manfaat.

BACA JUGA:Mau Healing ke Tawangmangu, Sempatkan Mampir ke Astana Giribangun. Ada Apa Ya?

Di dunia hidup susah, juga lupa akan kehidupan akhirat. Maka orang yang seperti akan menjadi orang yang rugi, susah di dunia dan sengsara diakhirat.

Itulah empat golongan manusia menurut Imam Al Ghazali. Yang bisa kamu jadikan tuntunan dalam menjalani hidup. Ayo kamu mau piliha yang mana, semuanya terserah kita.(@al)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: