Tiga Tokoh ini Berpotensi Jadi Penantang Herman Deru di Pilgub Sumsel 2024..Siapa Saja

Tiga Tokoh ini Berpotensi Jadi Penantang Herman Deru di Pilgub Sumsel 2024..Siapa Saja

Gubernur Herman Deru bertemu masyarakat dalam suatu kesempatan kunjungan kerja--

ENIMEKSPRES.CO.ID,---Pemilihan Gubernur Sumsel masih sekitar dua tahun lagi atau tepatnya pada November 2024 mendatang. Meski masa jabatannya sebagai Gubernur Sumsel akan berakhir pada Oktober 2023 nanti, diprediksi Herman Deru akan kembali mencalonkan diri kembali menjadi orang nomor satu di Bumi Sriwijaya.

Maklum, mantan Bupati OKU Timur dua periode itu, baru satu periode menjabat sebagai Gubernur Sumsel. Potensi Herman Deru akan maju kembali di Pilgub kemungkinan akan lebih mudah, terlebih lagi Herman Deru sudah memiliki kendaraan politik yakni sebagai Ketua DPW Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Sumsel. 

Pemilu legislatif yang akan digelar secara serentak pada 14 Februari 2024 mendatang, tentunya akan menjadi tolak ukur bagi Herman Deru untuk memuluskan langkahnya dalam  pilgub. Jika Nasdem bisa meraih pucuk pimpinan DPRD Sumsel, maka akan mudah bagi  Herman Deru untuk melangkah di pilgub.

Meski awalnya Herman Deru terkesan tidak ada lawan di pilgub 2024 pasca mantan Bupati Muba Dodi Reza Alex tersandung kasus hukum, yang sejak dulu berniat kembali maju di pilgub Sumsel. Namun sejak akhir-akhir ini, sejumlah tokoh penting secara terbuka menyatakan siap untuk maju di pilgub Sumsel di tahun depan.

BACA JUGA:5 Negara dengan Cadangan Panas Bumi Terbesar di Dunia, Nomor 2 Kamu Pasti Kaget

Siapa saja,  dari banyaknya perbincangan publik Sumsel dan muncul sejumlah statemen pemberitaan di media. setidaknya ada tiga tokoh yang berpotensi akan bisa menjadi panantang Herman Deru di Pilgub Sumsel November 2024 mendatang.

Pertama, Walikota Prabumulih Ridho Yahya yang sudah menyatakan diri siap maju di pilgub Sumsel, dengan catatan Gubernur Herman Deru tidak lagi menggandeng sang kakak kandung yakni Mawardi Yahya yang saat ini masih menjabat Wakil Gubernur Sumsel.

"Saya siap maju pilgub, kalau pak Deru tidak berpasangan lagi dengan kak Mawardi.  Tapi kalau mereka berdua kembali berpasangan, tak masalah jadi penonton dan mensupport kak Mawardi," terang Ridho Yahya dalam suatu kesempatan saat dibincangi media.

Maju atau tidaknya Ridho Yahya, tentunya juga tergantung dengan sang kakak (Mawardi Yahya).

BACA JUGA:2 Fly Over Tidak Cukup Atasi Kemacetan di Perlintasan Kereta Api Muara Enim-Palembang

Nah, terkait Mawardi Yahya akan kembali berpasangan dengan Herman Deru atau tidak, tentunya belum bisa dipastikan. Dengan posisi sudah keluar dari Golkar dan sudah menjadi anggota dewan Pembina DPP Gerindra. Dipastikan Mawardi Yahya memiliki posisi bergaining yang kuat untuk kontestasi pilgub Sumsel mendatang. 

Dengan posisi tersebut, jika Gerindra meraih suara signifikan di Sumsel tentunya Mawardi Yahya sangat berpeluang juga maju sebagai cagub Sumsel. dengan modal ada partai dan modal finansial yang mumpuni, bisa jadi Mawardi masuk salah satu kandidat penantang Herman Deru nantinya. 

Tapi, kalau Herman Deru dan Mawardi Yahya kembali berduet sebagai cagub dan cawagub Sumsel tentunya akan menjadi kekuatan besar dua parpol yakni Nasdem dan Gerindra. Peluang mereka berduet kembali sangat terbuka lebar, terlebih lagi selama ini Herman Deru dan Mawardi Yahya terlihat sangat harmonis dalam memimpin pemerintahan di Sumsel, dan tidak terdengar Riak-riak kongsi keduanya tidak akur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: