Mawardi Yahya: Pemprov Sumsel Sinergi dengan Pemerintah Pusat Tuntaskan Berbagai Isu Nasional

Mawardi Yahya: Pemprov Sumsel Sinergi dengan Pemerintah Pusat Tuntaskan Berbagai Isu Nasional

Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Foto : DOK--

BALIKPAPAN, ENIMEKSPRES.CO.ID - Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas), Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) dengan tema "Menyongsong Pemerintahan Baru Pasca Pilpres Tahun 2024".

Raker dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri sejumlah Menteri dan Kepala Daerah Provinsi di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur.

Raker tersebut membahas sejumlah isu nasional, di antaranya penurunan stunting, ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan, investasi dan lainnya.

Wagub Sumsel Mawardi Yahya didampingi Asisten I Edward Chandra, mengatakan rakornas digelar membahas barbagai program serta permasalahan dan upaya dalam mengatasinya.

 BACA JUGA:Jelang Akhir Masa Jabatan Kepala Daerah 2023 dan 2024, Ini yang Dilakukan Pemprov Sumsel

Pemprov Sumsel sejauh ini sudah melakukan berbagai upaya dan sejalan dengan program Pemerintah Pusat dalam penyelesaian permasalahan tersebut.

"Dalam mengentaskan kemiskinan, kita ada program mandiri pangan, menurunkan angka stunting, kemudahan perizinan agar dapat investasi dan lain-lain, intinya kami bergerak cepat," ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Edward Chandra menambahkan, pemerintah provinsi juga konsen terhadap penurunan stunting sesuai dengan rakor dan arahan pemerintah pusat.

Menurutnya, hal itu dibuktikan dengan adanya penurunan angka angka stunting yang signifikan, di mana angka stunting dari 24,8 persen menjadi 18,6 persen.

 BACA JUGA:Gubernur Sumsel Berbagi Kiat Sukses Jadi Khotib dan Dai dengan Metode Penyampaian yang Tepat

"Dan pak gubernur mendapat apresiasi dari BKKBN Pusat yang berhasil menurunkan angka stunting. Pak gubernur memberikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten/kota karena penurunan stunting tidak lepas dari peran mereka," ujarnya.

Tidak hanya stunting, lanjut Edward, Pemprov Sumsel juga memberikan kemudahan izin agar investasi di Sumsel terus meningkat dan berdampak pada pertumbuhan ekomoni.

"Tentu izin usaha menjadi penting untuk iklim investasi di Sumsel. Ada berapa lokasi dan semua dipermudah izin-izinnya," ujarnya.

Untuk Rakornas APPSI sendiri, membicarakan program-program pemerintah ke depan pasca Pilpres 2024 sesuai dengan tema.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: