4 Ribu Madrasah Ikut Sosialisasi Sertifikasi Halal Kantin

4 Ribu Madrasah Ikut Sosialisasi Sertifikasi Halal Kantin

Sosialisasi Implementasi Sertifikasi Halal Produk di Kantin Lingkungan Madrasah. Foto : DOK/KEMENAG--

BACA JUGA:Penting, Ini Waktu Cetak Kartu Peserta Ujian Calon PPPK Kemenag

"Kita ingin anak-anak madrasah kita membiasakan diri untuk memilih mengonsumsi makanan halal. Karenanya, harus dimulai dari kantin madrasah,” ujar Zain.

“Saya berharap ini juga memiliki multiplier effect. Jadi anak-anak terbiasa memililih mengonsumsi yang halal, selanjutnya kebiasaan ini akan ditularkan ke keluarga, dan seterusnya,” imbuh dia lagi.

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kemenag, Faisal Ali Hasyim mendukung program sertifikasi halal produk dan kantin yang diintruksikan Menteri Agama.

“Seluruh produk makanan dan minuman merupakan produk yang wajib bersertifikasi halal pada 2024. Karena kewajiban sertifikasi ini sifatnya mandatori, dan menjadi salah satu tugas dan fungsi utama dari Kemenag,” ujar Faisal.

BACA JUGA:Kemenag Buka Seleksi Program Beasiswa Santri 2023, Begini Cara Daftarnya

“Karena itu seluruh satker ini menjadi contoh dari sertifikasi halal. Instruksi Menteri Agama harus dilakukan di seluruh satker Kemenag, termasuk madrasah. Untuk memastikan pelaksanaan instruksi  itu, Inspektorat Jenderal akan melakukan pemantauan berkala dalam pelaksanaannya,” tutupnya.

Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal Dzikro menyampaikan, sosialisasi Kantin Halal pada Madrasah ini dihadiri lebih dari lima ribu peserta.

“Jadi meskipun undangannya ditujukkan bagi 4.010 Kepala Madrasah, berdasarkan pantauan kami ada 5.264 peserta yang hadir mengikuti sosialisasi,” kata Dzikro.

Sebanyak 1.488 peserta mengikuti melalui zoom meeting. Sementara 3.776 peserta hadir melalui live streaming YouTube.

BACA JUGA:Kemenag Beri Penghargaan Kepada Lembaga Pengelola Zakat, Ini Daftarnya

"Selanjutnya, secara bertahap akan kita lakukan juga pelatihan pendamping bagi madrasah,” ujar Dzikro. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: