Gubernur Sumsel Apresiasi Hasil Kerja TP PKK Berkontribusi dalam Turunkan Stunting

Gubernur Sumsel Apresiasi Hasil Kerja TP PKK Berkontribusi dalam Turunkan Stunting

Gubernur Sumsel Herman Deru saat membuka Rakor TP PKK Provinsi Sumsel dengan Pembina Tahun 2023 di Griya Agung Palembang, Rabu 22 Februari 2023. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengapresiasi kinerja Tim Penggerak (TP) PKK Sumsel yang telah berhasil dalam mengedukasi masyarakat melalui program kerja nyatanya sepanjang tahun 2022 lalu.

"Sebagai Pembina PKK Sumsel saya mengapresiasi hasil kerja TP PKK dari tahun 2022, kita merasa puas dengan hasil kerjanya yang telah diberikan," kata Herman Deru saat membuka Rakor TP PKK Provinsi Sumsel dengan Pembina Tahun 2023 di Griya Agung Palembang, Rabu 22 Februari 2023.

Menurutnya Herman Deru, di tahun 2022 ada beberapa raport baik PKK, misalnya dalam penurunan angka stunting.

Di mana Provinsi Sumsel tercatat sebagai Provinsi terbaik dalam menurunkan stunting sangat signifikan 6,2 persen.

 BACA JUGA:Angka Stunting Provinsi Sumsel Turun 6,2 persen

"Peran PKK sangat besar dalam memberdayakan Posyandu. Target kita stunting satu digit. Jadi PKK punya tanggung jawab terhadap ini, kita ingin sama dengan penurunan kemiskinan. Maka tentu ada tahapan-tahapan yang harus kita lakukan," tambahnya.

Herman Deru juga menginstruksikan PKK bersama dengan OPD terkait sebagai mitra kerjanya untuk lebih konsentrasi dengan pencapaian target pada tahun 2023 ini.

Selain itu, Herman Deru berharap agar program yang dijalankan dapat menyentuh langsung ke masyarakat seperti Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

"Antara program penurunan stunting dan GSMP ada korelasi yang sama-sama bisa dijalankan," imbuhnya.

 BACA JUGA:Sumsel Berhasil Turunkan Angka Stunting Tertinggi di Indonesia, Ini Persentasenya

Herman Deru menyebutkan GSMP lebih ke cara merubah maindset masyarakat dari jiwa membeli menjadi penghasil.

Selain program stunting dan GSMP tersebut, dia juga meminta PKK untuk menjalankan program pendidikan agama dalam keluarga.

"Jadi ada kekhususan di sini, dengan berjalannya rumah tahfidz saya minta ada pendidikan keagamanan di keluarga. Saya pikir program yang sudah berjalan ini terus berkesinambungan tidak hanya sebagai seremonial saja," tutup Herman Deru.

Ketua PKK Provinsi Sumsel, Hj. Feby Deru mengatakan, TP PKK Sumsel memiliki peran penting dalam mencapai tujuan pembangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: