Pemkab Muara Enim Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Ini Upaya yang Dilakukan

Pemkab Muara Enim Komitmen Wujudkan Kabupaten Layak Anak, Ini Upaya yang Dilakukan

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Emran Tabrani, saat memimpin rapat Gugus Tugas KLA Tahun 2023 yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Muara Enim. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Mewujudkan Kabupaten Muara Enim sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) sudah menjadi kewajiban karena sebagai pemerintah memiliki tanggungjawab dalam memberikan perlindungan, pemenuhan hak-hak, dan kewajiban anak tanpa terkecuali dan itu perlu penguatan sinergitas lintas sektor.

Penegasan itu disampaikan Plt Bupati Muara Enim melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Emran Tabrani, saat memimpin rapat Gugus Tugas KLA Tahun 2023 yang digelar Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Muara Enim di Ruang Rapat Serasan Sekundang Muara Enim, Rabu 22 Februari 2023.

Dalam rapat tersebut hadir beberapa Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Muara Enim, seluruh Camat, perwakilan Organisasi Wanita, dan perwakilan perusahaan.

Untuk itu, Asisten I meminta kepada seluruh pihak terkait terutama yang termasuk dalam gugus tugas agar dapat menyampaikan informasi secara rinci tentang strategi yang telah ataupun akan dilaksanakan.

BACA JUGA:Plt Bupati Muara Enim Apresiasi Kemanunggalan TNI Bersama Masyarakat, Begini Katanya

Dengan demikian target untuk mencapai KLA tingkat utama di tahun 2023 ini dapat terwujud, atau bahkan bisa ke tingkat KLA (paling tinggi).

“Tapi ingat, disamping target tersebut ada hal yang lebih penting yaitu sarana prasarana yang memang secara nyata ada di lapangan dan dirasakan oleh masyarakat. Itu yang paling pokok,” ujarnya.

Disebutnya, boleh mengejar peringkat tetapi kondisi di lapangan harus betul-betul didukung oleh kondisi yang nyata, sehingga nantinya menurut penilaian tim dari Kementerian, Kabupaten Muara Enim memang layak sebagai Kabupaten Layak Anak.

Di sisi lain, terkait dokumen pendukung, dikatakan tidak diragukan lagi, tetapi sarana prasarana yang ada di lapangan harus secara kontinuitas dipelihara dan selalu ditingkatkan.

BACA JUGA:Enim Ekspres Gelar Training Hypnoteaching dan Hypnolearning

“Perlindungan hak anak dalam pembangunan sangat penting dilakukan karena sebagai upaya untuk mewujudkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing dimasa sekarang dan yang akan datang,” pungkas Emran.

Untuk diketahui, KLA adalah Kabupaten dengan sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlidungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: