Gubernur Sumsel Ajak Alumni UT Jadi Pelopor GSMP Bagi Masyarakat, Begini Pesannya

Gubernur Sumsel Ajak Alumni UT Jadi Pelopor GSMP Bagi Masyarakat, Begini Pesannya

Gubernur Sumsel Herman Deru saat menghadiri wisuda Universitas Terbuka (UT). Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Gubernur Sumsel mengajak para alumni Universitas Terbuka (UT) menjadi pelopor Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) bagi masyarakat.

"Saya mohon bantuannya dan tugas kita bersama dalam mengubah mindset masyarakat dengan menerapkan GSMP,” ungkap Gubernur Sumsel Herman Deru saat menghadiri wisuda UT Periode 1 Tahun 2023 di Gedung Serbaguna Asrama Haji Palembang, Selasa 31 Januari 2023.

“Misalkan saja dari jumlah seribu peserta yang diwisuda hari ini, menanam bibit tanaman sayuran, bumbu dapur atau ternak ikan, maka kemandirian pangan di Sumsel akan terus terjaga," sambungnya.

Menurut Herman Deru, akan lebih berpengruh jika para intelektual yang mengubah mindset masyarakat dengan menerapkan kemandirian pangan.

BACA JUGA:Ajak Masifkan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Ini yang Disampaikan Herman Heru kepada Pengurus PW KB PII

Menginat sumber daya alam (SDA) Sumsel yang begitu banyak, namun sejumlah komoditas masih ketergantungan dengan daerah lain.

“Dari intelektual yang dilahirkan UT ini, saya minta dapat menjadi pelopor GSMP di masyarakat. Sebab  tidak cukup hanya gubernur saja namun butuh bantuan dari semua pihak termasuk lembaga pendidikan," tambah dia.

Kemudian Herman Deru menyebut, keberhasilan program GSMP di Sumsel telah membuahkan hasil.

Salah satunya bermuara pada  keberhasilan dalam mengendalikan laju inflasi serta angka stunting yang turun secara signifikan di awal tahun 2023.

BACA JUGA:Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar Apresiasi Gubernur Sumatera Selatan Inisiasi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

"Kita sudah mendapatkan ponten yang baik dari pemerintah pusat, di mana Sumsel salah satu provinsi yang berhasil mengendalikan inflasi, salah satunya dengan kemandirian pangan,” lanjut Herman Deru.

“Begitu juga stunting kita berhasil karena kecukupan gizi yang selalu kita penuhi sendiri dalam keluarga," tambah orang nomor satu di Bumi Sriwijaya ini.

Di sisi lain, Herman Deru mengharapkan para alumni UT dapat menjadi SDM yang mumpuni dalam membangun daerah agar berguna bagi masyarakat banyak.

"Kalian yang ada di sini adalah lulusan-lulusan sarjana yang kami harapkan membantu pemerintah dalam membangun daerah," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: