765 PPS Kabupaten Muara Enim Sumsel Dilantik, Ini Tugasnya

765 PPS Kabupaten Muara Enim Sumsel Dilantik, Ini Tugasnya

KPU Muara Enim melantik PPS Kabupaten Muara Enim untuk Pemilu 2024. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Sebanyak 765 PPS Kabupaten Muara Enim Sumsel dilantik.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Muara Enim Ahyaudin, di GOR Pancasila Muara Enim, Selasa 24 Januari 2023.

Para petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilu 2024 ini ditugaskan untuk mensukseskan pemilihan umum (Pemilu).

"Alhamdulillah pelaksanaan perekrutan PPS telah berjalan dengan sukses hingga terlaksananya pelantikan dan pengucapan sumpah janji hari ini diikuti 765 PPS se-Kabupaten Muara Enim mulai dari kelurahan dan desa,” jelas Ahyaudin.

BACA JUGA:2.612 Peserta Seleksi PPS Lulus Verifikasi Administrasi, Ini Kata Ketua KPUD Muara Enim Sumatera Selatan

“Di mana nantinya PPS ini akan bertugas selama 14 bulan, terhitung sejak 20 Januari 2023 sampai 20 April 2024," ulas Ahyaudin.

Ahyaudun menegaskan kepada seluruh PPS yang dilantik untuk melaksanakan tugas dengan baik dan mematuhi peraturan perundang-undangan yang ada.

"Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, penuh tanggung, jawab, jujur, adil serta secara profesional dan proporsional sesuai dengan peraturan dan undang-undang guna terhindar dari hal-hal yang bertentangan dengan hukum yang ada," imbuh Ahyaudin.

Ahyaudin juga meminta kepada seluruh PPS agar segera melakukan koordinasi dengan kepala desa, Lurah, Kadus, dan pemangku kepentingan di tingkat desa maupun kelurahannya masing-masing.

BACA JUGA:Pendaftaran PPS dan PPK Pemilu 2024 Segera Dibuka, Segini Honor yang Bakal Didapat Petugas Badan Ad Hoc

"Silakan setelah ini berkoordinasi dengan pemangku kepentingan di desa maupun kelurahan masing-masing, khususnya kepada Lurah dan Kades terkait pembentukan sekretariat PPS dan juga akan dilaksanakannya perekrutan petugas pemuktahiran data pemilih (Pantarlih)," ujarnya.

Tidak hanya ke PPS, Ahyaudin juga memerintahkan PPK se-Kabupaten Muara Enim untuk turun ke lapangan guna melakukan supervisi, bimbingan, ataupun arahan kepada PPS di kecamatan masing-masing.

"Kami juga menegaskan ke PPK untuk turun ke desa-desa guna mensupervisi, membimbing, dan mengarahkan PPS setiap saat serta menanggulangi masalah yang ada dengan sebaik-baiknya," lanjut Ahyaudin.

Ahyaudin menerangkan terkait sumber daya manusia (SDM) di KPU Kabupaten Muara Enim, kekuatan SDM penyelenggaran Pemilu tahun 2024 yaitu 27 orang di kabupaten.

Sumber: