Sumsel Punya Cerita Rakyat Melegenda, Aktor Laga Pernah Memainkan Perannya. Mau Tau…

Sumsel Punya  Cerita Rakyat Melegenda, Aktor  Laga Pernah Memainkan Perannya. Mau Tau…

Wisata Makam Serunting Sakti alias Si Pahit Lidah di Kota Pagaralam--

PAGARALAM,ENIMEKSPRES.CO.ID---Sumatera Selatan banyak memiliki wisata sejarah mitos pada zaman dahulu yaitu  cerita rakyat yang melegenda yaitu cerita tentang pendekar mandraguna Serunting Sakti alias Si Pahit Lidah.

Serunting Sakti alias Si Pahit Lidah makamnya terletak di Kota Pagaralam, tepatnya di Pelang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah. Untuk menuju ke wisata ini sangat mudah, jika dari arah Lahat ketika hendak masuk Kota Pagaralam. Masuk ke kiri sekitar 3 km  di depan SPBU di kawasan Dempo Tengah. Akses jalan sudah sangat bagus, sudah beraspal, bisa dilalui mobil dan motor. Setelah 3 km, nanti belok kanan menanjak sekitar 300 meter di atas bukit kita sudah sampai ke makam Serunting Sakti alias Si Pahit Lidah.

Oleh Pemkot Pagaralam, kini makam Serungting Sakti alias Si Pahit Lidah tersebut dijadikan sebagai tempat wisata sejarah dan edukasi. Setiap akhir pekan wisata ini banyak didatangi pengunjung dari Sumsel dan luar daerah. Namun saying, diseputaran makam Si Pahit Lidah terkesan kurang terawat.

 Lantas apa yang menjadi daya tarik wisata Serunting Sakti alias Si Pahit Lidah, sehingga banyak orang yang datang ke tempat ini. Hal ini dikarekan, Pemkot Pagaralam membangun patung replika Serunting Sakti alias Si Pahit Lidah yang tingginya mencapai 3 meter. Banyak wisatawan yang datang berfoto-foto dengan latar belakang patung Serungting Sakti alias Si Pahit Lidah sang pendekar yang gagah sakti dan mandraguna.

Ya, cerita Serunting Sakti sangat melegenda di tanah basemah. Serunting Sakti alias Si Pahit Lidah adalah cerita rakyat pada zaman dahulu tentang seorang yang sakti dan mandraguna. Ia pantang bersumpah kekuatan hebatnya ada dilidahnya, apa saja yang ia ucapkan atau bersumpah bisa menjadi batu. Dalam sejarahnya, Serunting Sakti alias Si Pahit Lidah banyak mengembara, ceritanya banyak terdapat bukan saja di Pagar Alam tapi ia berjalan ke wilayah Lahat, Muara Enim, Goa Putri OKU, Danau Ranau hingga daerah lainnya.

Pada 1990-an, yang membuat cerita Serunting Sakti alias Si Pahit Lidah semakin melegenda di Sumsel dan nasional, karena dibuat film layar lebar. Aktog laga kawakan saat itu, Adven Bangun memainkan peran sebagai Si Pahit Lidah, yang bertarung dengan Si Mata Empat. Film Si Pahit Lidah banyak menghiasi tayangan bioskop dan layar tancap.

Bagaimana kamu tertarik datang ke wisata makam Serunting Sakti alias Si Pahit Lidah..ayo agendakan liburanmu ke Kota Pagaralam.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: