Tips Mencatat Keuangan yang Mudah dan Efisien untuk Pelaku UMKM dengan Aplikasi Pencatatan Keuangan

Tips Mencatat Keuangan yang Mudah dan Efisien untuk Pelaku UMKM dengan Aplikasi Pencatatan Keuangan

Aplikasi Pencatatan Keuangan. Foto : ILUSTRASI/DOK ENIMEKSPRES.CO.ID--

Jika anda sudah memahami secara benar apa itu neraca saldo, terutama bagi anda yang pernah belajar tentang akuntansi di sekolah, ada baiknya untuk menyediakan buku khusus sebagai database dan untuk mencocokkan dengan keseimbangan debet dan kredit secara manual.

Namun, bagi pelaku bisnis mikro, anda tidak perlu khawatir dengan proses yang menyusahkan.

Sebab, dengan aplikasi pencatatan keuangan sederhana seperti Mekari Jurnal, anda akan mendapatkan fasilitas pencatatan yang mudah dan sederhana. Anda cukup membuka aplikasi dan memilih jenis fitur yang ada di dalamnya setelah melakukan registrasi. 

pencatatan keuangan UKM memiliki kebutuhan tersendiri dengan adanya neraca saldo.

Sebab, selain digunakan untuk fungsi transparansi, neraca saldo akan memberikan data pasti tentang performa bisnis yang anda kembangkan, dengan harapan, bisnis tersebut dapat berkembang menjadi bisnis yang besar di tahun-tahun berikutnya.

2. Jurnal Penyesuaian

Selanjutnya, ada jurnal penyesuaian yakni jurnal yang dibuat bersamaan dengan pembukuan akhir.

Berbeda dengan jurnal lainnya, fungsi dari jurnal penyesuaian ini adalah untuk mencatat berbagai transaksi yang terlewat dan apa-apa yang belum dicatat.

Semuanya akan terlihat pada jurnal kali ini, di mana kas akan seimbang setelah kita bisa mengetahui semua transaksi.

Namun, jika pelaku bisnis menyusun pencatatan keuangan UKM sudah mencatat semuanya dengan baik, tidak perlu jurnal penyesuaian yang merepotkan di akhir, sebab penyesuaian akan sangat mudah dengan data yang lengkap.

3. Lembar kerja

Lembar kerja atau biasa disebut dengan Neraca lajur. Neraca yang dibuat pada akhir periode ini bertujuan untuk memudahkan pencatatan keuangan UKM bagi pelaku bisnis.

Nah, apabila neraca saldo digunakan untuk memantau keseimbangan debet dan kredit, maka neraca lajur memiliki fungsi untuk mencatat hasil dari neraca saldo hingga ke penyesuaian yang mengacu pada jurnal penyesuaian.

Saat anda membuat pencatatan keuangan UKM di aplikasi, anda tentunya akan melakukan penyesuaian saldo hingga ke kolom neraca saldo.

Setelah anda selesai dengan kedua hal tersebut, maka hasilnya akan menjadi laporan utuh tentang laba/rugi dan neraca. Mudah bukan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: