Tips Mencatat Keuangan yang Mudah dan Efisien untuk Pelaku UMKM dengan Aplikasi Pencatatan Keuangan

Tips Mencatat Keuangan yang Mudah dan Efisien untuk Pelaku UMKM dengan Aplikasi Pencatatan Keuangan

Aplikasi Pencatatan Keuangan. Foto : ILUSTRASI/DOK ENIMEKSPRES.CO.ID--

Sebagai warga negara yang baik, tentu tidak ingin bisnis yang sudah anda bangun tiba-tiba disanksi oleh pihak berwajib karena penyalahgunaan pencatatan keuangan UKM.

Dengan langkah-langkah di bawah ini, anda akan terbantu menyusun pencatatan keuangan sehingga tidak akan membuang banyak waktu yang anda miliki.

Langkah Mudah Membuatnya

Ada beberapa tahap yang harus anda perhatikan sebelum mulai membuka aplikasi pencatatan keuangan, yakni rekomendasi aplikasi pencatatan keuangan apa yang harus anda gunakan.

Benar, jika langkah mudah membuat pencatatan keuangan UKM menggunakan aplikasi, maka aplikasi apakah yang harus anda gunakan?

Kali ini redaksi akan merekomendasikan salah satu aplikasi pencatatan keuangan yang paling lengkap, cocok untuk bisnis dalam berbagai skala.

Yakni aplikasi pencatatan keuangan Mekari Jurnal. (Mekari Jurnal) Untuk dapat mengakses aplikasi tersebut anda harus mengakses ke website resmi Mekari Jurnal dan melakukan pendaftaran melalui sales pada jam kerja.

Anda akan mendapatkan layanan terbaik sesuai skala bisnis yang anda kelola. Meski prosesnya tidak sesederhana aplikasi android Mekari Jurnal dan sejenisnya, Mekari dapat membantu anda berbisnis secara profesional dan dijamin aman.

Namun, jika anda termasuk pelaku bisnis kecil yang belum lama atau baru ingin membuka usaha, anda dapat menggunakan aplikasi android Mekari Jurnal.

Aplikasi ini adalah aplikasi pencatatan dan penyusunan paling sederhana yang bisa anda gunakan untuk transaksi kecil, seperti jual beli pulsa dan mencatat hutang-piutang.

1. Buku Khusus Pengeluaran Bisnis

Langkah pertama yang harus anda buat dalam satu periode bisnis adalah membuat buku khusus pengeluaran. Membuat pencatatan keuangan UKM tidak berarti anda menyusunnya di akhir tahun saja.

Akan tetapi, harus ada langkah bertahap bahkan sebelum anda memulai bisnis yang ingin anda jalani.

Setelah anda memiliki modal yang cukup, memiliki kios dagang atau tempat untuk berbisnis, tentunya anda akan segera berbelanja banyak untuk memenuhi toko anda dengan barang-barang.

Nah, dengan mencatatkannya atau membuat salinan khusus pada aplikasi, anda akan dimudahkan dalam menyusun laporan di akhir tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: