Uang Kartal Rp3,1 Triliun Disiapkan BI Sumatera Selatan Selama Natal dan Tahun Baru 2023

Uang Kartal Rp3,1 Triliun Disiapkan BI Sumatera Selatan Selama Natal dan Tahun Baru 2023

Uang sebanyak Rp3,1 triliun disiapkan Bank Indonesia Perwakilan Sumatera Selatan untuk mencukupi kebutuhan masyarakat selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Foto : ILUSTRASI/NET--

“Untuk di wilayah Provinsi Sumatera Selatan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sumatera Selatan bersinergi dengan perbankan menyiapkan sejumlah 252 titik penukaran di kantor cabang bank umum,” ulas Nurcahyo Heru Prasetyo.

Selanjutnya, untuk memastikan kegiatan transaksi nontunai berjalan dengan lancar dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat.

BACA JUGA:Nasib BBM Pertalite Diujung Tanduk, Bakal Digantikan CNG, Harga Lebih Murah dan Irit 55 Persen

BACA JUGA:Lebih Irit 55 Persen, BBM Pertalite Akan Diganti CNG, Full Tank CNG Bisa untuk 100 Km

Bank Indonesia juga terus mengoptimalkan sistem pembayaran nontunai yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia melalui Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

“Bank Indonesia juga terus berkoordinasi dengan peserta sistem pembayaran guna memastikan optimalnya kegiatan sistem pembayaran, serta senantiasa mengimbau perbankan agar terus meningkatkan layanan penukaran uang kartal bagi masyarakat,” imbuh Nurcahyo.

Maka dari itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang untuk menukarkan uangnya di lokasi penukaran resmi untuk mencegah risiko uang palsu dan untuk menjaga kualitas uang.

Lebih dari itu, Bank Indonesia juga mengajak masyarakat untuk senantiasa mengenali ciri-ciri keaslian Rupiah dan merawat uang Rupiah sebagai bentuk Cinta Rupiah.

BACA JUGA:Apa Itu CNG? Bahan Bakar Pengganti Pertalite dan Pertamax, Harganya Rp3 Ribuan per Liter

BACA JUGA:Pertamina Siapkan BBM Pengganti Bensin, Harganya Rp3 Ribuan Per Liter

“Menjaga Rupiah yang merupakan simbol kedaulatan Negara, alat pembayaran yang sah dan pemersatu bangsa sebagai bentuk Bangga Rupiah, dan mengenal fungsi Rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk Paham Rupiah,” tutup Nurcahyo Heru Prasetyo. (*)

Berita ini sudah terbit di Palpos.id dengan judul “BI Sumsel Siapkan Uang Kartal Rp3,1 Triliun Selama Nataru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: