Pj Bupati Kurniawan Raih Penghargaan Pembina Proklim Nasional 2022

Pj Bupati Kurniawan Raih Penghargaan Pembina Proklim Nasional 2022

Pj Bupati Muara Enim Kurniawan, menerima penghargaan Pembina Proklim Tingkat Nasional 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI pada Festival Iklim 2022 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Atas komitmen dalam pembinaan pelestarian lingkungan hidup di daerah, khususnya program kampung iklim (Proklim).

Pj Bupati Muara Enim Kurniawan, menerima penghargaan Pembina Proklim Tingkat Nasional 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI pada Festival Iklim 2022 di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Penghargaan diterima Pj Sekda Muara Enim H. Riswandar dari Menteri LHK RI, Dr. Siti Nurbaya Bakar didampingi Direktur Jenderal Pengendalian Iklim KLHK RI, Laksmi Dhewanthi.

Selain itu, diserahkan pula Piala Proklim Utama kepada Desa Keban Agung, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim.

BACA JUGA: 66 Anggota Panwascam Dilantik, Pj Bupati Kurniawan Ingatkan Jaga Integritas

Festival Iklim 2022 tahun ini selaras dengan tema Presidensi G20 Indonesia tahun ini yaitu “Tingkatkan Aksi Iklim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

Festival yang berlangsung pada 24-28 Oktober 2022 ini merupakan sarana penyebaran informasi tentang upaya pengendalian perubahan iklim sampai ke tingkat tapak.

Festival iklim kali ini juga sekaligus menjadi salah satu rangkaian pembuka persiapan Delegasi Indonesia menjelang perhelatan Konferensi Para Pihak/Conference of Parties (COP) ke-27 United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) yang akan diadakan pada 6 sampai 18 November 2022 di Sharm El-Sheikh Mesir.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menyatakan, penghargaan Proklim merupakan sebuah bentuk pengakuan yang diberikan dari KLHK untuk masyarakat atas kerja-kerja nyata pengendalian iklim di tingkat tapak.

BACA JUGA: Desa Muara Gula Baru Wakili Kabupaten Muara Enim pada Kegiatan Apresiasi Keterbukaan Informasi Publik

”Proklim merupakan bagian dari kontribusi Indonesia terhadap pengendalian perubahan iklim di tingkat global dengan peran nonparty stakeholders. Diharapkan pencapaian target adaptasi dapat meningkatkan ketahanan ekonomi, sosial, kehidupan, ekosisten dan landscape dapat dipenuhi sejalan dengan pengurangan target NDC,” kata Siti Nurbaya.

Pj Sekda H. Riswandar menerangkan penghargaan ini merupakan penilaian dari KLHK RI kepada Pj Bupati Muara Enim Kurniawan sebagai kepala daerah yang dinilai berperan aktif dalam mendukung, membina, dan mendorong partisipasi aktif masyarakat maupun pemangku kepentingan di daerah.

Dalam hal ini mengupayakan peningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim serta menurunkan emisi gas rumah kaca di desa ataupun kelurahan.

Begitupun halnya dengan Desa Keban Agung yang dinilai telah dengan baiknya melaksanakan adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: