Orangtua Harus Waspada, Ini Gejala Awal Gagal Ginjal pada Anak

Orangtua Harus Waspada, Ini Gejala Awal Gagal Ginjal pada Anak

Ilustrasi gagal ginjal akut. Foto : HALODOC --

ENIMEKSPRES.CO.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat terdapat 206 kasus gagal ginjal pada anak di Indonesia hingga Oktober 2022.

Dalam waktu dua bulan terakhir, kasus gagal ginjal pada anak meningkat dan menyerang anak usia 6 bulan hingga 18 tahun.

Perlu dipahami, gejala umum gagal ginjal pada anak di antaranya diare, mual, muntah, demam selama 3-5 hari.

Kemudian batuk, pilek, sering mengantuk, serta jumlah urine yang masih sedikit atau tidak buang air kecil sama sekali.

BACA JUGA: Soal Penjualan Obat Sirup Dihentikan Sementara, Ini Penjelasan Dinas Kesehatan Muara Enim

Dokter spesialis anak, dr. Fitria Mahrunnisa mengimbau para orangtua untuk memantau secara berkala gejala infeksi dalam 14 hari terakhir jika anaknya sedang sakit.

Ia menjelaskan, gejala infeksi yang patut diwaspadai dalam 14 hari terakhir itu adalah demam, gejala pernapasan seperti batuk, pilek, atau gejala saluran pencernaan seperti diare dan muntah.

Kasus gangguan ginjal akut banyak dijumpai pada anak usia di bawah 5 tahun dan saat ini sudah menyebar ke sejumlah kota besar di Indonesia.

Selain melihat gejala demam, orangtua juga harus memperhatikan perubahan pada warna urine anak dan intensitas buang air kecilnya.

BACA JUGA: 6 Khasiat Air Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan

"Jadi, gangguan ginjal akut itu pasti kelihatannya dari urine. Jika hanya ringan itu pipisnya seperti hanya berkurang atau lebih pekat," ucapnya.

Jika gejala gangguan ginjal akut sudah lebih berat, muncul tanda kegawatan pada anak, yakni mengalami penurunan kesadaran, gangguan nafas sampai sesak nafas.

Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie, mengatakan gejala umum gagal ginjal pada anak adalah diare, mual, muntah, demam atau tanpa demam selama 3 sampai 5 hari, batuk, pilek, serta volume urine yang semakin sedikit.

"Urinenya sedikit atau malah tidak keluar sama sekali. Biasanya itu timbul hari ketiga, jika seperti itu sudah agak telat," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: