Sekda Ajak OPD Partisipasi Meriahkan Kemerdekaan RI

Sekda Ajak OPD Partisipasi Meriahkan Kemerdekaan RI

Pj Sekda Muara Enim, Riswandar memimpin rapat pemantapan upacara HUT Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI). Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM - Penjabat (Pj) Sekda Muara Enim, H. Riswandar mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Muara Enim memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Saya berharap sedetail apapun yang termasuk dalam rangkaian kegiatan upacara peringatan HUT ke-77 RI nantinya semua yang berkepentingan harus ambil bagian,” ujar Riswandar saat memimpin rapat pemantapan upacara HUT Kemerdekaan RI, di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim.

Ia mencontohkan, pada pembagian sembako yang berasal dari OPD Pemkab Muara Enim, betul-betul informasi disebarkan dan dikomunikasikan dari awal ke setiap OPD, sehingga nantinya bisa terkumpul sembako secara optimal dari sisi kuantitas dan kualitas.

Tidak hanya itu, menurutnya, ada baiknya Dinas Sosial menyambangi lembaga-lembaga vertikal, Bhayangkari, dan Dharma Wanita yang tidak menutup kemungkinan bisa terlibat dalam kegiatan sosial tersebut.

BACA JUGA: Sambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pemuda Darussalam Gelar Turnamen Bulutangkis

Kemudian, untuk keterlibatan Veteran, diharapkan Dinas Perhubungan atau Bagian Umum untuk menyiapkan sarana transportasi guna antar jemput para mantan pejuang yang diundang.

Juga tidak kalah pentingnya, publikasi dan penyebarluasan informasi terkait upacara HUT RI tahun ini harus disebarkan merata ke sekolah-sekolah, pasar hingga pelosok desa. Harapannya momen peringatan HUT RI bisa dirasakan semua lapisan masyarakat.

“Terakhir juga dalam pelaksanaan di lapangan nanti, baik selama upacara maupun usai tetap menjaga protokol kesehatan atau prokes dengan baik guna menghindari Covid-19 dan kesuksesan upacara HUT ke-77 tahun Republik Indonesia,” pungkasnya.

Kepala Dinas Sosial Muara Enim diwakili Sekretaris, Soni, menambahkan untuk bansos sembako dari OPD paling lambat diterima pada 12 Agustus 2022 yang nanti akan diserahkan untuk 7 lembaga sosial dan simbolisnya setelah upacara HUT RI.

BACA JUGA: Tradisi Melemang Sambut 10 Muharram di Desa Karang Raja, Begini Prosesnya

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muara Enim melalui Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik, Abdul Roni Darus, menyatakan pihaknya siap mensukseskan rangkaian peringatan HUT ke-77 RI yang berlangsung di Kabupaten Muara Enim, mulai dari pra, upacara, hingga kegiatan pada masa pascanya.

Selain itu, pihaknya juga sudah menyebarkan informasi dengan mobil informasi ke pasar-pasar, sekolah-sekolah, perkantoran pemerintah, hingga perusahaan-perusahaan dalam Kecamatan Muara Enim juga hingga Kecamatan Ujan Mas untuk memasang spanduk dan baleho.

“Juga pada titik-titik yang strategis dalam Kabupaten Muara Enim di 22 Kecamatan juga sudah diinformasikan dengan tujuan untuk memeriahkan peringatan HUT  RI,” ungkapnya.

BACA JUGA: Desa Lubuk Raman Raih Juara Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Kabupaten Muara Enim

Pada kesempatan yang sama, Kabag Ops Polres Muara Enim, Kompol Imanuhadi, mengatakan merujuk pada Surat Keputusan (SK) Bupati Muara Enim semua terlibat dalam panitia HUT RI.

“Jadi bila nanti ada petugas dari Polres, TNI atau Dishub melakukan pengaturan parkir tolong diikuti oleh semua tanpa terkecuali dan nanti akan disediakan kantong parkir untuk tertibnya lalu lintas. Keamanan dan khidmatnya upacara HUT RI,” imbaunya.

Pihaknya meminta panitia-panitia terkait guna serentak menghentikan kegiatan sementara selama 3 menit 10 detik dengan ditandai membunyikan sirene. (ozi/mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: