Kecewa, Puluhan Masyarakat di Kecamatan SDU Perbaiki Jalan Secara Swadaya

Kecewa, Puluhan Masyarakat di Kecamatan SDU Perbaiki Jalan Secara Swadaya

Masyarakat tergabung dari beberapa desa di wilayah Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU) melakukan memperbaiki jalan secara swadaya. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM - Kecewa dengan perhatian Pemerintah yang dinilai kurang, masyarakat yang tergabung dari beberapa desa di wilayah Kecamatan Semede Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muara Enim, Sumsel melakukan gotong royong memperbaiki jalan secara swadaya, Selasa (12/7/2022).

Puluhan warga itu terdiri dari Desa Cahaya Alam, Datar Lebar, dan Desa Danau Gerak. Mereka turut dibantu Babinsa dan Pemerintah Setempat berjibaku memperbaiki jalan dengan panjang sekitar 5 km.

Jaswin (45), warga setempat, mengatakan kondisi jalan penghubung Desa Cahaya Alam dengan Desa Danau Gerak sudah sekian tahun belum pernah diperbaiki oleh Pemerintah Daerah.

Dikatakan Jaswin, jalan tersebut merupakan akses yang sangat penting bagi masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari, juga sebagai akses mengangkut hasil bumi, seperti kopi dan sayur mayur.

BACA JUGA: Jalan Penghubung Antar Desa di Kecamatan Belimbing Ini Rusak Parah

Dengan tidak adanya upaya perbaikan dari pihak terkait. Maka warga mengambil inisiatif untuk melakukan perbaikan secara swadaya,” terangnya.

Babinsa Cahaya Alam, Serda Darul Arkam, membenarkan adanya kegiatan masyarakat yang bergotong royong memperbaiki jalan rusak tersebut menggunakan dana swadaya.

“Perbaikan jalan tersebut merupakan akses jalan penghubung antar desa. Kami berharap akses jalan ini secepatnya dibangun Pemerintah Daerah mengingat kondisinya sudah sangat memprihatinkan,” ucapnya.

BACA JUGA: Sepanjang 8 Km Jalan di Daerah Ini Rusak Berat, Begini Harapan Warga

Sementara itu, Kades Cahaya Alam, Amrullah, mengatakan masyarakat bergotong royong memperbaiki jalan karena kondisinya sangat parah. Hampir seluruh ruas badan jalan aspalnya sudah mengelupas dan berlubang.

Upaya ini perbaikan ini untuk menghindari pengguna sepeda motor terjatuh. Apalagi kondisi jalanannya menurun, dan sangat licin saat hujan.

Kata Amrullah, Pemeritah Desa sudah sering melakukan usulan kepada Pemerintah Daerah dan juga disampaikan kepada anggota DPRD. Namun sampai sekarang belum ada tanggapan.

“Kita berharap kiranya Pemerintah melalui dinas terkait segera menganggarkan untuk memperbaiki akses jalan penghubung Desa Cahaya Alam dan beberapa desa seperti Desa Danau Gerak, dan Desa Pelakat,” pungkasnya. (ozi/mg01)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: