Pj Bupati Kurniawan Laksanakan Salat Idul Adha Bersama Masyarakat Muara Enim

Pj Bupati Kurniawan Laksanakan Salat Idul Adha Bersama Masyarakat Muara Enim

Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan, AP., M.Si sampaikan sambutan pada pelaksanaan salat Idul Adha di halaman kantor Bupati Muara Enim, Minggu (10/7/2022) pagi. Foto : ANDRE/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID, MUARA ENIM - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan, AP., M.Si, bersama jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim lainnya melaksanakan salat Idul Adha di halaman kantor Bupati Muara Enim, Minggu (10/7/2022).

Ikut salat di lokasi yang sama, Pj Ketua PKK Kabupaten Muara Enim Nurmala Sari, S.STP., M.Si. Kemudian ada juga Dandim 0404/Muara Enim Letkol Arh Rimba Anwar, Kepala Pengadilan Negeri Muara Enim Elvin Adrian, Kepala Kantor Kemenag H. Azhari Rahardi, Pj Sekda H. Riswandar, para Staf Ahli, Asisten, kepala OPD, serta masyarakat.

Pelaksanaan salat Idul Adha sendiri dipimpin oleh Wakil Rektor I UIN Raden Fatah Palembang, H. Dr. Muhammad Adil, M.A.

Pj Bupati Muara Enim, Kurniawan dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah kepada seluruh umat muslim, khususnya masyarakat Kabupaten Muara Enim.

Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang ini, turut juga menyampaikan kegembiraannya, ia bersama keluarga bisa salat bersama warga Masyarakat Kabupaten Muara Enim.

Alhamdulillah, kita bersyukur pada Idul Adha tahun ini, sesuai surat edaran Menteri Agama Nomor 10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, seperti halnya salat Idul Fitri kemarin, kita di seluruh Indonesia telah dapat melaksanakan salat Id berjamaah di masjid-masjid ataupun lapangan terbuka, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ungkap Kurniawan.

Di samping itu, selain sudah dapat berkumpul untuk melaksanakan salat Idul Adha bersama-sama, tahun ini pula umat muslim di Indonesia patut bersyukur karena telah kembali dibuka pelaksanaan ibadah haji ke Tanah Suci.

“Setelah penantian panjang ditambah dengan tertundanya keberangkatan haji selama dua tahun terakhir, akhirnya pada tahun 2022 ini kita kembali diberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji,” ucap Kurniawan.

Dipaparkan Kurniawan, pada tahun ini terdapat 177 orang jemaah haji asal Kabupaten Muara Enim yang tergabung dalam kloter 4 embarkasi Palembang sedang melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci.

“Mari kita doakan bersama agar para jemaah haji, khususnya dari Kabupaten Muara Enim diberikan kesehatan dan kelancaran dalam menyelesaikan seluruh tahapan ibadah haji. Dan semuanya dapat kembali pulang ke Tanah Air dalam keadaan sehat walafiat tanpa kurang suatu apapun, serta menjadi haji yang mabrur,” harapnya.

Melalui perayaan Idul Adha 1443 Hijriah ini, Kurniawan mengajak masyarakat untuk mengambil hikmah pelajaran dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Yang mana keduanya berhasil mengalahkan hawa nafsu dengan tauhid demi membuktikan pengorbanan dan kesetiaan kepada Allah SWT.

“Idul Adha juga mengajarkan kita untuk saling berbagi, menjalin ukhuwah atau hubungan baik antar sesama masyarakt. Kemudian meningkatkan kepekaan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, termasuk bagi para aparatur pemerintahan agar hendaknya konsisten setia dalam mendedikasikan diri melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya dan menyukseskan seluruh program pembangunan daerah,” pesan dia.

Di sisi lain, Kurniawan turut mengajak masyarakat untuk mendoakan agar Bumi Serasan Sekundang dan Indonesia dijauhkan dari bencana, serta Kabupaten Muara Enim mampu membangun demi kesejahteraan rakyat dan menjadi Negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur.

“Terakhir, saya mengingatkan bapak-ibu sekalian, saat sanjo kunjung-mengunjungi ataupun nantinya bepergian ke tempat wisata agar jangan sampai lalai. Pastikan rumah terkunci dengan baik. Kompor, listrik, dan keran air sudah dimatikan. Jaga kebersihan, ketertiban, dan awasi dengan baik anak-anak di tempat wisata serta tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Diketahui, usai melaksanakan salat Idul Adha, Pj Bupati Kurniawan dan jajaran melanjutkan kegiatannya meninjau pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di sejumlah masjid dalam kota Muara Enim, seperti Masjid Agung, Masjid Syeh Yahya di Dusun Muara Enim, Masjid Assai di Air Lintang, Masjid Ataqarub di Jalan Pramuka III, dan masjid lainnya. (adv/and)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: