PTPP Selesaikan Proyek Pelabuhan Multipurpose dengan Kapasitas Harbour Crane Terbesar di Jawa Timur

Sabtu 05-10-2024,09:02 WIB
Reporter : Citra
Editor : Andre

ENIMEKSPRES.CO.ID - PT PP (Persero) Tbk sebagai salah satu BUMN Konstruksi dan Investasi di Indonesia (PTPP) telah menyelesaikan Proyek Pelabuhan East Java Multipurpose Terminal.

Hal itu ditandai dengan dilakukannya acara Grand Opening berkolaborasi dengan East Java Multipurpose Terminal (EJMT), anak usaha dari International Container Terminal Services, Inc. (ICTSI) yang mengelola terminal pelabuhan di 19 negara, pada Rabu 2 Oktober 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh Executive Vice President Compliance Officer ICTSI Christian Razon Gonzalez, CEO EJMT Patrick Chan, President Director PT Eastern Logistic David Lim.

Kemudian Senior Vice President Divisi Infrastruktur 2 PTPP Pande Ketut Gede Karmawan, GM Operasional Divisi Infrastruktur 2 PTPP Indra Jadi Simanjuntak, serta perwakilan dari KSOP Tanjung Pakis beserta jajaran.

BACA JUGA:Sirkuit Mandalika Bukti PTPP Mampu Hadirkan Proyek Strategis Berkualitas Dunia

BACA JUGA:Sukses Didarati Pesawat Presiden, PTPP Berkomitmen Lanjutkan Pembangunan Bandara IKN

Proyek East Java Multipurpose Terminal Development ini merupakan proyek swasta asing yang digarap oleh PTPP dan memiliki nilai kontrak sebesar Rp767 miliar.

Masa pelaksanaan konstruksi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian pertama yang meliputi pekerjaan pengerukan (dredging) dengan volume 1.800.000 m³ dan pembangunan jetty sepanjang 180m dan Container Yard seluas 0,9 hektare selama 16 bulan.

Serta bagian kedua yang mencakup pembangunan jetty sepanjang 120 meter dan container yard seluas 0,6 hektare selama 18 bulan.

Proses konstruksi pada proyek ini menerapkan metode inovasi yang salah satunya diterapkan pada pekerjaan stone column di laut yang terbukti menjadi salah satu inovasi autentik dan mampu menjadi solusi dari tantangan faktor alam perairan lamongan yang memiliki ombak tinggi pada periode tahunan angin barat.

BACA JUGA:Hingga Mei 2024, PTPP Raih Kontrak Senilai Rp8,9 Triliun

BACA JUGA:PT PP Raih Untung Rp147 Miliar di Semester I Tahun 2024, Ternyata Ini Strateginya

Sehingga proyek ini dapat diselesaikan oleh PTPP tepat waktu pada 3 September 2024 dengan tetap mengedepankan kualitas dan keselamatan.

Ke depannya Pelabuhan EJMT ini diharapkan dapat mendukung kemajuan perekonomian di bidang manufaktur, bahan mentah, hingga barang olahan, seperti produk beku, makanan, serta produk dan bahan baja dan bangunan khususnya di Kawasan Jawa Timur dan sekitarnya.

CEO East Java Multipurpose Terminal (EJMT), Patrick Chan, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada PTPP yang telah menyelesaikan proyek ini tepat waktu dan dengan kualitas yang sangat baik.

Kategori :