Humas Polres Muara Enim Pantau Isu Viral Demi Antisipasi Hate Speech di Pilkada

Selasa 24-09-2024,15:00 WIB
Reporter : Ozi
Editor : Andre

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Personel Humas Polres Muara Enim, terus meningkatkan pemantauan terhadap isu-isu viral yang beredar di media massa dan media sosial.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk mengantisipasi potensi polarisasi yang dapat memecah belah masyarakat, khususnya menjelang Pilkada 2024.

Berbagai jenis propaganda, seperti Firehouse of Falsehood, ujaran kebencian (hate speech), serta penyebaran hoaks, menjadi fokus utama dalam pemantauan ini.

Kapolres Muara Enim, AKBP Jhoni Eka Putra melalui Kasi Humas, AKP RTM Situmorang, menegaskan bahwa langkah preventif ini sangat penting dalam menjaga stabilitas keamanan.

BACA JUGA:Polres Muara Enim Monitoring dan Pengamanan Bilik Suara Pilkada Serentak 2024

BACA JUGA:Polres Muara Enim Pastikan Kondisi Aman Saat Tahapan Pilkada Serentak 2024

"Kami terus melakukan pengawasan terhadap konten-konten yang beredar, baik di media sosial maupun media massa, agar masyarakat tidak terpengaruh oleh informasi yang bersifat provokatif atau tidak benar," ungkapnya.

Situmorang menjelaskan bahwa teknik Firehouse of Falsehood sering digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan informasi palsu secara masif.

Propaganda jenis ini bisa menyesatkan publik karena memberikan banjir informasi yang tidak akurat.

Oleh karena itu, Humas Polres Muara Enim memfokuskan pemantauannya terhadap akun-akun media sosial serta situs berita yang berpotensi menjadi sumber penyebaran berita palsu atau isu yang dapat memicu polarisasi.

BACA JUGA:Cegah Ujaran Kebencian, Polres Muara Enim Perketat Pengawasan Media Massa dan Media Sosial

BACA JUGA:Mantapkan Kesiapan Pengamanan Pilkada, Polres Muara Enim Gelar Apel Operasi Mantap Praja 2024

Dalam rangka memperkuat upaya ini, Polres Muara Enim juga bekerjasama dengan berbagai pihak, termasuk tim siber dan komunitas lokal, untuk melacak dan mengidentifikasi sumber penyebaran hoaks.

"Kami tak segan-segan menindak tegas siapa saja yang terbukti menyebarkan berita palsu, ujaran kebencian, atau propaganda yang dapat mengganggu ketertiban umum," tambah AKP RTM Situmorang.

Selain melakukan pemantauan, Polres Muara Enim juga aktif mengedukasi masyarakat melalui sosialisasi dan kampanye anti-hoaks.

Kategori :