Kesalahan terbanyak dilakukan pengemudi dalam mengendalikan mobil adalah saat di tanjakan panjang.
BACA JUGA:Sering Lintasi Jalan Rusak Berlobang, Hati-Hati! Berikut Ini 6 Komponen Mobil Yang Rentan Rusak
BACA JUGA:30 Menit dari Candi Borobudur, Junkyard Magelang Wisata Mobil-mobil Antik
Karena umumnya mereka menggunakan sistem setengah kopling.
Tidak banyak orang paham cara benar mengemudi mobil di turunan dan tanjakan panjang.
Kebanyakan orang, di turunan panjang selalu menekam pedal rem untuk menghambat laju mobil.
Di tanjakan juga, kebanyakan orang menekan pedal kopling untuk menahan mobil agar tidak mundur.
BACA JUGA:Bagaimana Cara Merawat Ban Mobil? Berikut Tips Agar Tidak Cepat Aus
Padahal, cara umum yang dilakukan banyak pengemudi itu bukanlah cara yang benar.
Mengetahui dan memahami cara benar mengemudi di turunan dan tanjakan panjang adalah hal penting.
Jika terus dilakukan di setiap turunan panjang selalu menekan pedal rem, maka dipastikan efeknya kampas rem akan gampang aus alias habis.
Begitu pula jika di tanjakan panjang, jika selalu menekan pedal kopling, maka dipastikan komponen kopling akan cepat aus.
BACA JUGA:Masuk Musim Penghujan, Berikut 3 Jenis Ban Mobil Yang Cocok Dipakai Harian
Jadi, tujuan memahami cara benar mengemudi mobil di tanjakan dan turunan panjang selain untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara, adalah dalam rangka merawat kopling dan rem.
Merawat kopling dan kampas rem sangat penting karena kedua komponen mobil itu termasuk di antara komponen vital.