Pemkab Muara Enim Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Pemkab Muara Enim menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Sistem Pengelolaan Pengaduan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!). Foto : Istimewa--
MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pemkab Muara Enim terus berupaya meningkatkan pelayanan publik terkait aduan masyarakat lewat kanal SP4N-LAPOR! yang dikelola Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Muara Enim.
Upaya tersebut melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kualitas Sistem Pengelolaan Pengaduan Publik Nasional-Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang digelar Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP).
Sekda Kabupaten Muara Enim, Yulius menjelaskan, perkembangan teknologi yang begitu pesat mendorong Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk melakukan perubahan dan perbaikan dalam penyelenggaraan pemerintahan.
"Salah satunya melalui implementasi layanan SP4N-LAPOR! yang dikelola OPD," jelas Yulius didampingi Kepala Diskominfo SP Kabupaten Muara Enim, Ardian Arifanardi, Senin 7 Juli 2025.
BACA JUGA:PDAM, BKPSDM dan Bappeda Muara Enim Terima Penghargaan SP4N-Lapor
BACA JUGA:Juarsah Selalu Pantau Aspirasi Masyarakat Melalui Kanal SP4N-LAPOR!
Menurut Yulius, hal tersebut harus diimbangi dengan peningkatan kualitas SDM sebagai operator pengelola yang nantinya akan menjadi ujung tombak pelayanan publik kepada masyarakat.
"Untuk itu, kita mengapresiasi Diskominfo-SP atas telah terselenggaranya kegiatan Bimtek tersebut," ucapnya.
Yulius berharap dengan terselenggaranya Bimtek ini dapat meningkatkan pelayanan aduan masyarakat yang rata-rata tindaklanjutnya saat ini mencapai 99,8 persen laporan yang telah ditangani.
Ia berpesan kepada PPID pelaksana agar dapat mengelola informasi publik secara sederhana, tepat dan terkoordinasi dengan baik.
BACA JUGA:Sekda Instruksikan Segera Buat Aksi SP4N-LAPOR!
BACA JUGA:Ada Keluhan Soal Layanan Publik? Laporkan ke SP4N
Dalam kesempatan itu juga, dilakukan penyerahan penghargaan kepada perangkat daerah yang dinilai responsif dalam menanggapi aduan masyarakat pada kanal SP4N-LAPOR!.
Yaitu terbaik I Inspektorat, terbaik II PDAM Lematang Enim, dan terbaik III Satpol PP.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: