Meningkat 6,59%, KAI Group Layani 39,08 Juta Penumpang Selama Januari 2025
KAI Group mencatat kinerja positif pada angkutan penumpang selama Januari 2025 dengan melayani 39.083.129 penumpang atau meningkat 6,59% dibandingkan dengan periode yang sama di Januari 2024, di mana KAI Group melayani 36.666.053 penumpang. Foto : Istimew--
JAKARTA, ENIMEKSPRES.CO.ID - KAI Group mencatat kinerja positif pada angkutan penumpang selama Januari 2025 dengan melayani 39.083.129 penumpang.
Angka tersebut meningkat 6,59% dibandingkan dengan periode yang sama di Januari 2024, di mana KAI Group melayani 36.666.053 penumpang.
“Adapun angka 39.083.129 penumpang tersebut terdiri dari 4.560.523 penumpang yang dikelola KAI, 30.831.133 penumpang yang dikelola KAI Commuter, 587.186 penumpang KAI Bandara, 530.974 penumpang Whoosh yang dikelola KCIC, 392.423 penumpang LRT Sumatera Selatan, 2.146.859 penumpang LRT Jabodebek, 17.943 penumpang KA Makassar-Parepare, dan 16.088 penumpang yang dikelola KAI Wisata,” ungkap Vice President Public Relations KAI, Anne Purba.
Anne menambahkan, sejumlah layanan KAI Group pada periode Januari 2025 rata-rata mengalami peningkatan, seperti KAI Wisata yang melayani 16.088 penumpang atau meningkat 57,62% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya yaitu 10.207 penumpang.
BACA JUGA:PT KAI Ujicoba Operasi Jalur Ganda Stasiun Muara Enim-Muara Lawai
Kemudian, Whoosh yang dikelola KCIC melayani 530.974 penumpang atau meningkat 36,8% dibanding priode yang sama pada 2024 dengan melayani 388.131 penumpang.
LRT Jabodebek melayani 2.146.859 penumpang atau meningkat 78,85% dibanding periode yang sama yaitu 1.200.399 penumpang.
“Sejumlah layanan KAI Group lainnya mengalami peningkatan penumpang yaitu KAI Bandara yang melayani 587.186 penumpang atau meningkat 35,01% dibanding Januari 2024 yaitu 434.912 penumpang, di Pulau Sumatera ada layanan LRT Sumsel yang semakin diminati masyarakat dengan melayani 392.423 penumpang atau meningkat 21,14%," beber Anne.
"KA Jarak Jauh dan Lokal yang dikelola KAI juga meningkat 15% dengan melayani 4.560.523 penumpang dibanding periode tahun sebelumnya yaitu 3.967.660 penumpang, lalu Commuter Line dan KA Lokal yang dikelola KAI Commuter juga mengalami peningkatan dengan melayani 30.831.133 penumpang atau meningkat 1,69% dibanding periode Januari 2024 yaitu 30.318.769 penumpang,” tambah Anne.
BACA JUGA:Tinjau 3 Lokasi Proyek PT KAI, Ini Harapan Asisten Perekobang Pemkab Muara Enim
Sejalan dengan prinsip Asta Cita, peningkatan jumlah penumpang ini mencerminkan keberhasilan KAI dalam membangun infrastruktur transportasi yang andal, memperkuat konektivitas antarwilayah, serta memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional.
Dengan semakin mudahnya akses transportasi kereta api, mobilitas masyarakat meningkat, sehingga mendukung pertumbuhan sektor ekonomi dan pariwisata di berbagai daerah.
Anne menyebutkan bahwa meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan kereta api dipengaruhi oleh faktor keberlanjutan dan efisiensi.
Semakin banyak orang yang memilih kereta api karena moda transportasi ini lebih ramah lingkungan dan memberikan kenyamanan lebih baik.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: