Meningkat 6,59%, KAI Group Layani 39,08 Juta Penumpang Selama Januari 2025
![Meningkat 6,59%, KAI Group Layani 39,08 Juta Penumpang Selama Januari 2025](https://enimekspres.disway.id/upload/2edfd4e9b98ba6251207409d06219e45.jpg)
KAI Group mencatat kinerja positif pada angkutan penumpang selama Januari 2025 dengan melayani 39.083.129 penumpang atau meningkat 6,59% dibandingkan dengan periode yang sama di Januari 2024, di mana KAI Group melayani 36.666.053 penumpang. Foto : Istimew--
BACA JUGA:KAI Tutup 8 Perlintasan Sebidang Selama Januari 2025, Masyarakat Diminta Tidak Membukanya Kembali
“KAI terus melangkah maju dengan inovasi berbasis keberlanjutan lingkungan. Pada Desember 2024 lalu, KAI telah meluncurkan fitur Carbon Footprint sebagai langkah nyata dalam mendukung pelestarian lingkungan," ulas dia.
"Selain itu, KAI juga menyediakan water station di stasiun untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai, menerapkan teknologi face recognition untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang, serta mengganti alat makan di atas kereta dengan bahan kayu (wooden cutlery) sebagai bagian dari upaya pengurangan limbah plastik,” jelas Anne lagi.
Salah satu langkah konkret lainnya dalam mendukung infrastruktur berkelanjutan adalah penggantian bantalan kayu pada jembatan baja dengan bantalan sintetis yang lebih ramah lingkungan, tahan lama, dan efisien.
“Bantalan sintetis ini lebih kuat, tahan terhadap cuaca ekstrem, dan tidak memerlukan penebangan pohon untuk diproduksi. Dengan mengganti 15.864 batang bantalan kayu, KAI turut mendukung pelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan efisiensi perawatan infrastruktur,” ungkap Anne.
BACA JUGA:KAI Angkut 5,5 Juta Ton Barang Selama Januari 2025, Didominasi Batu Bara
Ia menambahkan bahwa faktor ketepatan waktu atau on time performance (OTP) juga menjadi salah satu aspek utama dalam meningkatkan kepercayaan pelanggan.
Oleh karena itu, KAI terus berupaya memastikan layanan kereta api beroperasi dengan selamat, cepat, dan nyaman.
“KAI mencatat peningkatan OTP keberangkatan dan kedatangan kereta api penumpang selama 2024. Dari Januari hingga Desember 2024, OTP keberangkatan mencapai rata-rata 99,77% atau meningkat dibanding tahun 2023 yang sebesar 99,54%. Sementara itu, OTP kedatangan juga meningkat menjadi 96,05% dibanding tahun 2023 yang mencapai 93,98%,” terang Anne.
Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia, KAI Group berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan dengan berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas.
BACA JUGA:Tertibkan Aset di Muara Enim, KAI Divre III Bangun Sekolah dan Dukung Rencana Pembangunan Flyover
“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan yang terus diberikan dalam menggunakan layanan kereta api," tutur dia.
"KAI Group akan terus berusaha memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik dengan berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas. Kami ingin memastikan bahwa penumpang tidak hanya sampai tujuan tepat waktu, tetapi juga merasakan kenyamanan serta pengalaman perjalanan yang menyenangkan dan tak terlupakan,” tutup Anne.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: