Pj Gubernur Sumsel Terima Penghargaan Rookie of the Year 2024 dari Kemenko Perekonomian RI

Pj Gubernur Sumsel Terima Penghargaan Rookie of the Year 2024 dari Kemenko Perekonomian RI

Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi, menerima penghargaan Rookie of The Year 2024 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko) Republik Indonesia (RI). Foto : Humas Pemprov Sumsel --

JAKARTA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi, menerima penghargaan Rookie of The Year 2024 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto di sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Tahun 2024 yang digelar Kemenko RI, bertempat di Ballroom Hotel Kempinski Jakarta, Senin 23 September 2024.

Diberikannya penghargaan Rookie Of The Year 2024 tersebut karena Pemprov Sumsel dinilai sebagai provinsi paling mendukung kebijakan P2DD tahun 2023.

Adapun Rakornas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Tahun 2024 dengan tema “Digitalisasi Transaksi Pemda Untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Daerah" itu digelar dengan tujuan untuk untuk meningkatkan Koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam mendorong pertumbuhan perekonomian nasional.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Lantik Pj Walikota Pagaralam dan Lubuklinggau

BACA JUGA:Pj Gubernur Bersama Forkopimda Matangkan Persiapan Pilkada Serentak 2024 di Sumsel

Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Satgas P2DD memaparkan beberapa realisasi kegiatan dan capaian tugas Satgas P2DD dalam kurun waktu tahun 2023 hingga semester I tahun 2024.

“Saya berharap 4 hal yang kita bisa perhatikan ke depan, yaitu pertama realisasi belanja APBD untuk mendorong perekonomian daerah. Kedua, ekosistem transaksi digital dan peran Bank Pembangunan Daerah bisa lebih ditingkatkan," ujarnya.

"Ketiga, Satgas P2DD yang saya minta untuk mengakomodasi PP 35 Tahun 2023 tentang Ketentuan Umum PDRD. Dan tentu sosialisasi dan branding, ini menjadi sangat penting,” kata Menko Airlangga.

Selain itu, sebagai bentuk evaluasi dan apresiasi kinerja Pemerintah Daerah, telah dilaksanakan Championship TP2DD 2024 dengan level playing field di 5 wilayah, yaitu Sumatera, Jawa-Bali, Kalimantan, Sulawesi, serta Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

BACA JUGA:Sumsel Masuk 5 Besar MTQ Nasional, Pemprov Gelar Syukuran

BACA JUGA:Dinas Lingkungan Hidup Sumsel Bakal Turunkan Tim Investigasi ke Belide Darat, Ini Tujuannya

Dalam kesempatan itu, Satgas P2DD telah menetapkan 15 Pemda Penerima Penghargaan TP2DD terbaik, 3 Pemda Penerima Penghargaan Program Unggulan terbaik di tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota, 1 BPD terbaik, serta 3 TP2DD Rookie of the Year yang dinilai paling mendukung kebijakan P2DD tahun 2023.

Sementara itu, Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiadi melalui Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sumsel H. Achmad Rizwan, mengungkapkan sebelumnya Gubernur Sumsel telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Nomor : 424/Kpts/Bapenda/2024,  tertanggal 24 Juni 2024 Tentang Pembentukan Tim Percepatan Dan Perluasan Digitalisasi Daerah Provinsi Sumatera Selatan (P2DD).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: