Lestarikan Kerajinan Songket, Pemkab Muara Enim Gelar Pelatihan Mencukit

Lestarikan Kerajinan Songket, Pemkab Muara Enim Gelar Pelatihan Mencukit

Pemkab Muara Enim melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Muara Enim menggelar Pelatihan Mencukit (Membuat Motif Songket) di Hotel Griya Sintesa Muara Enim. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Untuk melestarikan dan meregenerasi para pengrajin songket khususnya Mencukit (Membuat Motif Songket), Pemkab Muara Enim melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Muara Enim menggelar Pelatihan Mencukit (Membuat Motif Songket).

Kegiatan ini berlangsung di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, Kamis 15 Agustus 2024.

Kegiatan ini dibuka oleh Pj Bupati Muara Enim diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan H. Hermin Eko Purwanto.

Turut hadir Kepala Disperindag dan ESDM Kabupaten Muara Enim Bhakti didampingi Kepala Bidang Perindustrian Dessy Hershanty.

BACA JUGA:Mengenal Kain Songket Lepus yang Berasal dari Palembang Provinsi Sumsel, Kini jadi Warisan Budaya

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat 6 Jenis Motif Songket Asal Palembang Provinsi Sumsel

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Muara Enim mengucapkan terima kasih kepada Instruktur yang telah bersedia dan berkenan membagi keahlian dan ilmunya untuk para pengrajin songket terutama di Kecamatan Muara Belide dalam Kegiatan Pelatihan Mencukit Kegiatan Koordinasi, Sinkronisasi dan Pelaksanaan Pembangunan Sumber Daya Industri Tahun 2024," ucap Eko.

Menurut Eko, diketahui, Kabupaten Muara Enim merupakan salah satu Kabupaten/Kota yang memiliki sumber daya alam dengan potensi dan keanekaragaman yang luar biasa.

Begitupun dengan khazanah budaya dan kearifan lokal yang sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk mengembangkan dan melestarikannya.

"Tenun kain songket merupakan salah satu cara kita mengangkat dan memperkenalkan budaya dan kearifan lokal untuk diperkenalkan kepada masyarakat luas," ujarnya.

BACA JUGA:Pameran Kriyanusa 2022, Muara Enim Kenalkan Songket Meraje dan Kopi Pecah

BACA JUGA:Dekranasda Sumsel Diharap Tampilkan Kerajinan Terbaik Pada Kriya Nusa 2024

Pelatihan Mencukit Kegiatan Koordinasi, Sinkronisasi dan Pelaksanaan Pembangunan Sumber Daya Industri Tahun 2024 adalah sebagai bentuk dukungan pemerintah Kabupaten Muara Enim meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satunya dengan memberikan perhatian terhadap pengrajin-pengrajin yang memproduksi kerajinan tenun/kain songket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: