Pameran Kriyanusa 2022, Muara Enim Kenalkan Songket Meraje dan Kopi Pecah

Pameran Kriyanusa 2022, Muara Enim Kenalkan Songket Meraje dan Kopi Pecah

Ketua Dekranasda Muara Enim, Nurmala Sari memperkenalkan songket Meraje khas Kabupaten Muara Enim pada Pameran Kriyanusa 2022. Foto : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

JAKARTA, ENIMEKSPRES.CO.ID - Berbagai macam motif batik dan songket hasil kerajinan tangan dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Muara Enim.

Salah satunya kain songket motif Meraje dan Kopi Pecah ditampilkan oleh Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Muara Enim dalam acara Pameran Kriyanusa Tahun 2022, di Jakarta Convention Center, Rabu 21 September 2022.

Setelah mengikuti rangkaian pembukaan yang dihadiri Ibu Negara Hj. Iriana Joko Widodo dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Hj. Wury Ma'ruf Amin.

Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim sekaligus Ketua Dekranasda Kabupaten Muara Enim, Nurmala Sari, turut serta menerima dan memberikan penjelasan dari berbagai produk khas unggulan UMKM kepada para pengunjung di Stand Galeri Muara Enim.

BACA JUGA: Dorong Kinerja UMKM Lokal, BNI Dukung Pameran Kriya Nusantara

Pj. Bupati Muara Enim, Kurniawan selaku Pembina Dekranasda Kabupaten Muara Enim, berkomitmen mendukung program Dekranasda dalam rangka mengangkat seni kerajinan tangan khas daerah.

Dengan begitu, mampu menjadi produk unggulan yang membawa nilai ekonomi bagi kesejahteraan pengrajin lokal.

“Sebagai bentuk dukungan bagi para pelaku UMKM, Pemkab Muara Enim juga telah menyiapkan ruang untuk memasarkan produk kerajinan yang terpusat di Gerai Oleh-oleh Muara Enim (Goome),” kata Kurniawan, Kamis 22 September 2022.

Sementara dalam pameran Kriyanusa ini, Ketua Dekranasda Kabupaten Muara Enim, Nurmala Sari mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi semua pihak yang telah membantu menyukseskan pameran tersebut.

BACA JUGA: Pengusaha UMKM di Muara Enim Didorong Lebih Bersaing, Ini yang Dilakukan Pemda

Nurmala Sari menilai hal ini merupakan langkah yang baik bagi Dekranasda bersama Pemerintah untuk mengangkat nilai jual dari produk UMKM serta berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, dan bersama-sama mewujudkan “Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing” dengan Tagline “Cinta Kriya dan Bangga Buatan Indonesia”. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: