PT Bukit Asam Terima Hak Paten untuk Aplikasi CISEA dan Lahan Basah Buatan

PT Bukit Asam Terima Hak Paten untuk Aplikasi CISEA dan Lahan Basah Buatan

PT Bukit Asam berhasil mendapatkan sertifikat hak paten untuk aplikasi CISEA (Corporate Information System and Enterprise Application) dan struktur lahan basah buatan terapung (floating wetland). Foto : Humas PT Bukit Asam--

JAKARTA, ENIMEKSPRES.CO.ID - PT Bukit Asam berhasil mendapatkan sertifikat hak paten untuk aplikasi CISEA (Corporate Information System and Enterprise Application) dan struktur lahan basah buatan terapung (floating wetland).

CISEA adalah in-house super app yang dikembangkan secara mandiri oleh PT Bukit Asam untuk digitalisasi pertambangan.

Sedangkan floating wetland ialah metode yang dikembangkan PT Bukit Asam untuk menghilangkan bahan pencemar, seperti logam berat dan menetralkan air asam tambang.

Penyerahan sertifikat hak paten dilakukan oleh Direktur Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Sri Lastami kepada Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arsal Ismail di Jakarta, pada Selasa 13 Agustus 2024.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Kembangkan Lahan Basah Buatan untuk Pemulihan Lingkungan

BACA JUGA:PT Bukit Asam Upayakan Kesejahteraan Masyarakat

Arsal mengaku bangga karena inovasi yang dibuat oleh insan-insan PT Bukit Asam ini mendapatkan hak paten.

Hal tersebut penting untuk menghargai hasil karya para insan PT Bukit Asam, melindungi produk, serta mendorong inovasi lebih lanjut.

"Hari ini adalah momen yang sangat membanggakan bagi kami. Upaya, kerja keras, dan dedikasi kami akhirnya berbuah manis dengan diperolehnya hak paten atas super apps kebanggan kami yaitu CISEA, dan floating wetland yang berkontribusi pada lingkungan," katanya.

"Hak paten memberikan perlindungan hukum atas inovasi-inovasi kami dan membuka peluang besar untuk pengembangan lebih lanjut," lanjut Arsal.

BACA JUGA:Masalah Lahan Antara Warga dengan PT Bukit Asam dan PT BSP, Pj Bupati Muara Enim Bentuk Tim Khusus

BACA JUGA:PT Bukit Asam Berangkatkan 22 Penerima Beasiswa Bidiksiba ke 3 Perguruan Tinggi

CISEA pertama kali dikembangkan pada Oktober 2019 dan diluncurkan secara resmi pada Maret 2020.

Manfaatnya sudah dirasakan oleh seluruh insan PT Bukit Asam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: