Pj Bupati Muara Enim Aktifkan 5 Posko Karhutla

Pj Bupati Muara Enim Aktifkan 5 Posko Karhutla

Pj Bupati Muara Enim Henky Putrawan saat mengikuti Rakor Aktivasi Posko Penanganan Karhutla Provinsi Sumsel. Foto : DOK--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Mendekati pucak kemarau tahun 2024 yang diprediksi BMKG di akhir Juli hingga Agustus mendatang, Pj Bupati Muara Enim H. Henky Putrawan, mengaktifkan sebanyak 5 posko Karhutla.

Ini adalah sebagai bentuk kesiapsiagaan penanganan atau antisipasi dini bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Hal ini disampaikan Pj Bupati usai mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Aktivasi Posko Penanganan Karhutla Provinsi Sumsel yang dipimpin langsung oleh Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi.

Dalam rakor tersebut turut hadir mendampingi Pj Bupati yaitu Kepala BPBD Kabupaten Muara Enim H. Abdul Rozieq.

BACA JUGA:Pj Gubernur Sumsel Pimpin Rakor Aktivasi Posko Pengendalian Karhutla

Pj Bupati Henky menjelaskan, 5 posko tersebut berada di wilayah kecamatan berpotensi bencana Karhutla.

Antara lain Kecamatan Lubai, Gunung Megang, Rambang, Panang Enim, serta Kecamatan Sungai Rotan.

Menurutnya, di masing-masing posko terdiri sejumlah personel dari BPBD ditambah TNI-Polri serta peralatan untuk menunjang upaya pemadaman sedini mungkin.

Serta juga telah melakukan koordinasi dengan Perusahaan di bidang perkebunan dan tambang melakukan kerja sama penanganan bencana Karhutla.

BACA JUGA:Polres Muara Enim Latih Kesiapsiagaan Anggota Bhabinkamtibmas dalam Menghadapi Karhutla

Selain mengaktifkan posko, Pj Bupati juga mengingatkan seluruh Perusahaan dan masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Karena hal tersebut dapat memicu Karhutla serta memastikan para pelaku yang sengaja melakukannya akan dikenakan sanksi hukum pidana atau denda yang berlaku.

"Kepada seluruh pihak dan masyarakat, kami mengimbau untuk bersama-sama mencegah bencana dengan berpartisipasi aktif menjaga lingkungan sekitar dari bahaya api," imbuhnya.

BACA JUGA:350 Pasukan dari Kodam II/Sriwijaya Ditambah untuk Percepat Penanganan Karhutla di Sumsel

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: