Polres Muara Enim Latih Kesiapsiagaan Anggota Bhabinkamtibmas dalam Menghadapi Karhutla

Polres Muara Enim Latih Kesiapsiagaan Anggota Bhabinkamtibmas dalam Menghadapi Karhutla

Anggota Bhabinkamtibmas Polres Muara Enim Polda Sumsel dilatih kesiapsiagaan menghadapi Karhutla. Foto : OZI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Dalam upaya meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Polres Muara Enim menggelar pelatihan dan pengenalan peralatan Karhutla kepada anggota Bhabinkamtibmas.

Acara ini dihadiri Kabag Ops Polres Muara Enim Kompol Handryantto didampingi Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM Situmorang, Kanit Bhabinkamtibmas Ipda Edi Pranolo, dan Kanit Pamobvit Iptu Matondang, Kamis 25 Juli 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan ini dipandu oleh personel pemberi materi, Aiptu Dedi Maulana dan Aipda Hadi Irwanda, yang memiliki keahlian dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan.

Dalam pelatihan ini, para anggota Bhabinkamtibmas diberikan pemahaman mendalam mengenai peralatan Karhutla yang dimiliki oleh Polres Muara Enim.

BACA JUGA:Bhabinkamtibmas Sebar Maklumat Kapolda Sumsel Tentang Karhutla

Juga diajarkan cara menggunakan peralatan Karhutla tersebut dengan efektif.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah agar anggota Bhabinkamtibmas Polres Muara Enim memiliki pengetahuan yang memadai tentang peralatan Karhutla dan dapat mengoperasikannya dengan baik.

Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dan kerja sama antara anggota Bhabinkamtibmas dan Sat Samapta dalam penanganan awal kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kabag Ops Polres Muara Enim, Kompol Handryantto, menekankan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi Karhutla, terutama menjelang pelaksanaan Pilkada yang akan datang.

BACA JUGA:Bermain Sambil Belajar, Ini yang Dilakukan Bhabinkamtibmas Polsek Lawang Kidul

"Kebakaran hutan dan lahan tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga dapat mengganggu stabilitas dan kelancaran pelaksanaan Pilkada," ucapnya.

"Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memastikan bahwa anggota Bhabinkamtibmas siap dan mampu merespons dengan cepat setiap kejadian kebakaran," ujarnya.

Kasi Humas Polres Muara Enim, AKP RTM Situmorang, menambahkan bahwa pelatihan ini merupakan langkah proaktif dari Polres Muara Enim dalam upaya pencegahan dan penanganan Karhutla.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas anggota kami melalui berbagai pelatihan dan kegiatan yang relevan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: