Sumsel Jadi Daerah yang Berhasil Turunkan Stunting dan Kemiskinan Ektrem Tercepat di Pulau Sumatera

Sumsel Jadi Daerah yang Berhasil Turunkan Stunting dan Kemiskinan Ektrem Tercepat di Pulau Sumatera

Provinsi Sumsel menjadi daerah yang berhasil menurunkan angka stunting dan kemiskinan ekstrem tercepat di Pulau Sumatera. Foto : DOK--

PALEMBANG, ENIMEKSPRES.CO.ID - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi daerah yang berhasil dalam menurunkan angka stunting hingga kemiskinan ekstrem.

Bahkan disebut Sumsel menjadi yang tercepat di Pulau Sumatera dalam mengatasi 2 hal tersebut.

Hal ini tentunya berkat berbagai upaya yang dilakukan Pemprov Sumsel.

Bahkan beberapa waktu lalu Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo mengapresiasi Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni atas penurunan stunting tercepat di Indonesia.

BACA JUGA:Pemkab Muara Enim Cegah Stunting Mulai dari Hulu

Hal ini diungkapkannya dalam kegiatan Peluncuran Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) Sumsel dan Telewicara ‘Halo PSA Sumsel’ secara virtual di Griya Agung, Palembang.

“Saya apresiasi Provinsi Sumsel atas penurunan stunting yang tercepat di Indonesia. Bahkan di seluruh Indonesia menjadi best practice yang luar biasa,” kata Hasto kala itu.

Bahkan dirinya membuktikan langsung ketika tiba di Sumsel, Hasto juga mengapresiasi pelayanan pencegahan stunting yang sangat luar biasa.

“Saya membuktikan juga Pak, saya baru aja ke Sumsel di kota untuk pelayanan mencegah Stunting dan seterusnya ternyata luar biasa gerakan yang ada di wilayah Bapak,” kata Hasto.

BACA JUGA:Peran Dokter Obgyn Sangat Penting dalam Memberikan Edukasi Stunting pada Masyarakat

Sementara itu, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni, mengatakan upaya lain juga telah dilakukan Pemprov Sumsel juga dilakukan guna menurunkan angka stunting.

Di antaranya melalui Gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Revitalisasi Posyandu, Pendampingan Keluarga Berisiko Stunting, Penguatan Kader, Pembanguan Manusia di desa, dan Gerakan Aksi Bergizi di 17 Kabupaten/Kota.

Tak hanya itu, tingkat kemiskinan ekstrem di wilayah ini berada pada angka 1,29 persen per Maret tahun 2023.

Capaian tersebut membuat Provinsi Sumsel mampu menurunkan kemiskinan ekstrem tertinggi untuk wilayah Sumatera yaitu dari 3,19 persen pada Maret 2022 menjadi 1,29 persen pada Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: