PLTMH Karya Mahasiswa dan Alumni UMP Berhasil Atasi Masalah Listrik di Rantau Dedap Muara Enim

PLTMH Karya Mahasiswa dan Alumni UMP Berhasil Atasi Masalah Listrik di Rantau Dedap Muara Enim

Para mahasiswa UMP foto bersama di sela pemasangan pipa instalasi PLTMH di kawasan Rantau Dedap, Muara Enim. Foto : DOK--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Masalah listrik di Rantau Dedap, Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU), Kabupaten Muara Enim, Sumsel, berhasil diatasi oleh mahasiswa dan alumni UMP.

Masalah listrik khususnya di SD Negeri 14 Rantau Dedap tersebut diatasi melalui Pembangkit listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH).

Kini, para siswa-siswi dan guru di sekolah tersebut sudah bisa menikmati aliran listrik untuk kebutuhan proses belajar mengajar.

Bahkan sebelumnya telah dilaksanakan soft launching di halaman sekolah setempat yang diikuti para mahasiswa dan alumni Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP), juga diikuti para siswa dan guru.

BACA JUGA:Atasi Masalah Listrik, Mahasiswa UMP Kembangkan Energi Terbarukan di Muara Enim

Kepala SD Negeri 14 Rantau Dedap, Zul Fikri mengapresiasi upaya kolaborasi tersebut.

"Dengan adanya listrik ini, kami berharap anak-anak semakin semangat belajar," ungkap Zul, Sabtu 8 Juni 2024.

"Sekarang dengan adanya listrik kami bisa mengakses informasi dari internet untuk menambah literasi dan referensi," lanjut dia.

Disebutnya, medan yang terjal dan akses yang sulit, menjadi tantangan tersendiri dalam proses pemasangan instalasi listrik di sekolah yang memiliki kapasitas 10 Megawatt tersebut.

BACA JUGA:Listrik Sering Padam, Masyarakat Muara Enim Geruduk Kantor Bupati, Pj Bupati dan Manager PLN Diminta Mundur

Meski begitu, 32 mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik UMP dipimpin dosen sekaligus pakar mikrohidro, Zulkifli Saleh mampu mewujudkan mimpi anak-anak sekolah dasar itu.

"Tidak hanya untuk sekolah, tetapi kami berharap juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," katanya.

"PLTMH ini adalah wujud dari komitmen Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) dalam rangka pengabdian kepada masyarakat," sebut Zulkifli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: