Membangun Budaya Literasi di Bulan Ramadhan

Membangun Budaya Literasi di Bulan Ramadhan

H. Akwam, M.Pd.i (Dosen Tetap Tetap Pada Sekolah Tinggi Tarbiyah Lahat Sumsel). FOTO : IST--

Sehingga pesan-pesan Al-qur'an dapat aplikatif dan membumi kemudian bisa diamalkan secara bertahap, sebagaimana para salaf mengamalkan Al-qur'an.

Dalam sejarah Islam, Al-Qur'an dan literasi saling berhubungan satu sama lain.

Surat Al-Alaq yang merupakan wahyu pertama kali turun di Gua Hira' (meski ada riwayat lain yang menyebut surat pertama turun secara utuh adalah surat Al-Mudatsir) yang berarti "bacalah" menjadi dasar lahirnya budaya literasi, yaitu kemampuan membaca dan menulis dikalangan umat Islam.

BACA JUGA:Indonesia Darurat Kekerasan Anak dan Remaja

Al-qur'an mengajarkan pentingnya membaca, menulis, dan pentingnya memahami Ilmu pengetahuan.

Wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW adalah perintah "membaca", bukan perintah sholat, bukan perintah zakat, puasa dan haji.

Mengapa, karena sholat, zakat puasa dan haji sekalipun tak akan ada maknanya apabila tidak disertai ilmu pengetahuan yang cukup tentangnya. 

Hal ini mengisyaratkan betapa umat Islam sangat dianjurkan untuk mendalami pengetahuan, baik pengetahuan yang bersifat wajib 'ain, seperti belajar tentang aqidah dan ibadah maupun pengetahuan yang bersifat fardhu kifayah seperti sains dan pengetahuan umum lainnya.

BACA JUGA:Berantas Bullying, Mental Anak Bangsa Terjamin

Pengetahuan yang cukup mengenai ilmu-ilmu tersebut hanya dapat di peroleh dengan keterampilan literasi membaca.

Lebih jauh Al-qur'an juga menyuruh kita untuk menyiapkan hal-ihwal sebelum membaca dan menulis, yaitu memasang niat (nawaitu) membaca karena Allah (Lillahi Ta'ala).

Sebelum menulis, kita persiapkan juga bahan-bahan tulisan yang harus kita pertanggung jawabkan keshahihannya.

Dengan demikian maka budaya literasi yang kita bangun adalah budaya literasi yang bertanggung jawab, sehingga melahirkan budaya mencerahkan ditengah-tengah masyarakat, terlebih di bulan suci Ramadhan, bulan bertabur pahala dan keberkahan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: