UGM Laksanakan Program PMM Angkatan 4, Diikuti 265 Mahasiswa dari Berbagai Perguruan Tinggi Dalam Negeri

UGM Laksanakan Program PMM Angkatan 4, Diikuti 265 Mahasiswa dari Berbagai Perguruan Tinggi Dalam Negeri

Program Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan ke-4 di Kampus Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. FOTO : IST/UGM--

ENIMEKSPRES.CO.ID – Menjadi suatu kebanggaan bagi keluarga besar Kampus Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta bisa menjadi tuan rumah program petukaran mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia. 

Tahun ini, melalui Program Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan ke-4. UGM menerima sebanyak 265 mahasiswa untuk menimba ilmu, dan menambah wawasan di kampus UGM, serta belajar kultur serta budaya di Yogyakarta.

Seperti dilansir melalui laman ugm.ac.id penyambutan 265 mahasiswa program PMM itu dilaksanakan pada jumat 8 Maret 2024 di Auditorium Sukadji Ranuwihardjo, Gedung Magister Manajemen Kampus Yogyakarta FEB UGM.

Maria Dominika Mazzarello, salah satunya. Mahasiswi asal Universitas Hasanunddin, Makassar mengaku terharu saat  memasuki auditorium yang dipenuhi jas almamater dari berbagai universitas di Indonesia dengan beragam warna.

BACA JUGA:Keren! Mobil Hemat Energi Buatan Mahasiswa UGM Jajal di Sirkuit Mandalika 

”Saya hadir di tengah-tengah 265 peserta PMM yang berasal dari beragam daerah’, serunya.

Maria mengaku, ia mengikuti PMM Modul Nusantara karena ingin belajar keragaman budaya yang ada di Indonesia.

 ”Saya ingin keluar dan merasakan kesempatan belajar di Perguruan Tinggi lain sambil mengenal budaya yang ada di sekitarnya” ungkapnya. Alasannya memilih UGM sebagai tujuan PMM Modul Nusantara karena ingin merasakan atmosfer pembelajaran di Perguruan Tinggi yang menjadi ikon di Kota Pelajar ini. 

”Dulu, saya selalu ditolak oleh UGM melalui jalur Prestasi UGM, jalur SNMPTN bahkan jalur SBMPTN di pilihan pertama. Namun sekarang, berkat PMM 4 dan berkat dari Tuhan, saya bisa berada di UGM dan mengikuti perkuliahan layaknya mahasiswa reguler, walaupun hanya satu semester”, terangnya.

BACA JUGA:UGM Perkuat Diri Sebagai Kampus Inklusif Bagi Masyarakat Rentan Secara Geografis

Di UGM, Maria mengikuti perkuliahan di Fakultas Peternakan untuk mata kuliah Dasar Teknik Industri Pembibitan Ternak Ruminansia dan Non Ruminansia, Toksikologi Pakan, Pengantar Kultur Jaringan dan Pemuliaan Tanaman Pakan, kemudian ada juga di Fakultas Vokasi untuk mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Ia mengambil materi perkuliahan yang berbeda dengan jurusan asalnya yang berfokus pada bidang Perikanan. 

”Menarik, saya jadi tahu kehidupan mahasiswa Fakultas Peternakan dan Sekolah Vokasi serta pembelajaran dan praktikum-praktikumnya seperti kultur jaringan dengan laboratorium dan alat-alat yang memadai, juga praktikum Dasar Teknik Industri Perbibitan Ternak yang harus mengumpulkan data ternak dengan terjun langsung ke lapangan bersama masyarakat peternak.

Sama halnya dengan Maria Dominika Mazzarello, peserta lainnya, Marliyanti, mahasiswi Bisnis Digital, Universitas Muhammadiyah Kendari mengaku senang dan antusias mengikuti Penyambutan Mahasiswa PMM 4 UGM.

”Akhirnya, saya bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia, sebelumnya kami hanya bercakap-cakap lewat Group Whatsapp,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: