Sering Dikira Plastik, Ternyata Benda Ini Bagian dari Tubuh Cumi-cumi

Sering Dikira Plastik, Ternyata Benda Ini Bagian dari Tubuh Cumi-cumi

Tulang rawan merupakan bagian dari cumi-cumi yang harus dibersihkan karena tidak bisa dimakan. FOTO : WELI/ENIMEKSPRES.CO.ID--

ENIMEKSPRES.CO.ID - Siapa yang mengira bahwa benda yang berwarna putih bening yang terdapat didalam hewan laut ini adalah plastik? Mari kita bahas!

Pada saat membersihkan cumi-cumi, kita seringkali menemukan benda mirip plastik bening yang seukuran cumi-cumi itu sendiri.

Sebenarnya itu bukanlah plastik melainkan bagian tubuh dari hewan laut tersebut. Lebih tepatnya tulang rawan cumi-cumi.

Tulang rawan ini sebenarnya tidak bisa dimakan, tapi apabila tidak sengaja termakan tidak akan berbahaya bagi tubuh.

BACA JUGA: Mau Budidaya Ikan Cupang? Jangan Asal-asalan, Simak Langkahnya Agar Mendapatkan Hasil yang Maksimal

Tulang rawan cumi-cumi yang juga disebut kranial todarodes pacificus ini memiliki ciri tipis, bening dan berukuran panjang menyerupai panjang cumi-cumi dan berada di dalam bagian belakang tubuh cumi-cumi.

Cumi-cumi bnayak ditemui di perairan laut Indonesia. Oleh karena itu masyarakat Indonesia tidak terlalu sulit untuk mendapatkan cumi-cumi.

Akan tetapi harga cumi-cumi masih terbilang cukup mahal apalagi di berbagai daerah yang jauh dari perairan laut.

Tubuh cumi-cumi memiliki beberapa bagian. Pada bagian lepala cumi-cumi memiliki sistem saraf pusat seperti otak dan tentakel atau lengan untuk menangkap mangsa dan pergerakannya.

BACA JUGA:3 Manfaat Udang dan Beberapa Risiko yang Akan Terjadi Jika Mengkonsumsinya Secara Berlebihan

Cumi-cumi memiliki tinta untuk melindunginya dari mangsa. Saat cumi-cumi merasa terancam, ia akan menyemprotkan tinta dari ujung tubuhnya untuk menghindari predator.

Dari segi manfaat dan kandungan nutrisinya, cumi-cumi mengandung zat besi yang merupakan komponen penting dalam produksi sel darah merah tubuh. 

Cumi-cumi tidak hanya menghasilkan darah merah, tapi juga bermanfaat menjaga keseimbangan tekanan darah. 

Selain itu, cumi-cumi bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, kandungan omega-3 pada cumi juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: