Ciptakan Kondisi Kondusif, Polres Muara Enim Gelar Operasi Keselamatan Musi 2024

Ciptakan Kondisi Kondusif, Polres Muara Enim Gelar Operasi Keselamatan Musi 2024

Polres Muara Enim menggelar apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Musi 2024 di Lapangan Pemerintah Kabupaten Muara Enim. FOTO : DOK/ENIMEKSPRES.CO.ID--

MUARA ENIM, ENIMEKSPRES.CO.ID - Untuk menciptakan kondisi kondusif keselamatan berlalu lintas. Polres Muara Enim menggelar apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Keselamatan Musi 2024 di Lapangan Pemerintah Kabupaten Muara Enim, Sabtu 2 Maret 2024.

Apel Operasi Keselamatan Musi 2024 akan dilaksanakan selama 14 hari, mulai dari tanggal 04 Maret 2024 sampai dengan 17 Maret 2024 dengan tema "Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama" dipimpin langsung Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra.

Dalam apel tersebut melibatkan personel dari Polres Muara Enim, Kodim 0404 Muara Enim, Subdenpom Muara Enim, Satpol-PP Kabupaten Muara Enim, dan Dinas perhubungan Kabupaten Muara Enim, Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim, Pelajar serta dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra,  membacakan amanat Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol A Rachmad Wibowo,  menyampaikan Apel Gelar Pasukan Ops Keselamatan Musi 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan dengan mengambil Tema Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama Dan Utama Pelaksanaan Operasi Dengan Sandi Operasi Keselamatan Musi Tahun 2024, dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan berlangsung selama 14 dimulai dari Tanggal 04 Maret 2024 sampai dengan 17 Maret 2024.

BACA JUGA:Polres Muara Enim Atasi Kemacetan dan Berikan Rasa Aman Pengendara

BACA JUGA:Polres Muara Enim Pertebal Keamanan di PPK Lawang Kidul

Target dari Pelaksanaan Operasi itu, kata dia, adalah Titik Lokasi Kemacetan Pelanggaran, kecelakaan Lalu lintas dan meningkatkan Kepatuhan Masyarakat dalam rangka Cipta Kondisi Menjelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1445 H, sesuai dengan karakteristik Wilayah Masing masing Dengan sasaran yaitu, Ranmor R2 dan R4 yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesikasi tehnis, penggunaan sirene rotator atau strobo yang bukan peruntukannya serta TNKB yang tidak sesuai dengan spektek, penggunaan helm SNI, kendaraan over dimensi dan over load(ODOL), kokasi dan blackspot di wilayah masing masing, masyarakat teroganisir dan tidak teroganisir kelompok ormas dan kelompok pengemudi angkutan umum maupun online.

Pada Ops Keselamatan Musi Tahun 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan yang akan dikedepankan kegiatan melaksanakan deteksi dini lidik pengamanan dan penggalangan (Pamgal) serta pemetaan lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan.

Kemudian, pihaknya juga melakukan Pembinaan dan Penyuluhan (Binluh) kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas melalui giat sosialisasi dan binluh melalui pemasangan spanduk, banner, baleho, penyebaran leaflet dan stiker melalui media cetak, elektronik, medsos, melaksanakan patrol, penjagaan pada lokasi rawan macet laka, pelanggaran lalu lintas dan penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan ETLE Statis dan Mobile serta blangko teguran.

Sebelum Mengakhiri amanat laksanakan tugas operasi dengan penuh rasa tanggung jawab harus kedepankan sikap senyum, sapa, salam dalam pelaksanaan penindakan pelanggar lalin baik yang bersifat teguran maupun penilangan.

BACA JUGA:Pengamanan Pemilu 2024, Polres Muara Enim Dirikan Tenda Posko di Kantor KPU

BACA JUGA:Kapolres Muara Enim Cek Gudang PPK Tanjung Agung dan Panang Enim

"Jaga Keselamatan, tingkatkan kewaspadaan terhadap pihak-pihak yang berniat melakukan perbuatan negatif terhadap Polri dan selalu menjaga dan menciptakan situasi yang kondusif menjelang masuknya bulan suci Ramadhan 2024 serta persiapan dari sekarang operasi ketupat 2024,"tegasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: